Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) MoU Dengan Mitsui&Co Ltd Bangun Serat Optik Di Jawa

PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) MoU Dengan Mitsui&Co Ltd Bangun Serat Optik Di Jawa

Marketnews.id PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) lewat anak usahanya PT Integrasi Jaringan Ekosistem (IJE) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan asal Jepang Mitsui & Co Ltd.

Kesepahaman ini bermaksud untuk bersinergi guna membangun jaringan serat optik berkapasitas besar di Pulau Jawa. Kaloborasi ini diharapkan dapat memastikan percepatan penggelaran serat optik sepanjang rel kereta api diberbagai lokasi seperti Banten, Jabar, Jateng, Jogjakarta hingga Jatim.

Seperti diketahui, PT WIFI lewat anak usahanya IJE telah memulai pembangunan serat optik disepanjang rel kereta api milik PT KAI. Dengan adanya MoU di atas, diharapkan Mitsui & Co Ltd akan ikut berpartisipasi untuk.membangun jaringan serat optik di seluruh Pulau Jawa.

PT Integrasi Jaringan Ekosistem (IJE) anak perusahaan PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge, bersama perusahaan infrastruktur global asal Jepang Mitsui & Co Ltd mengumumkan bahwa kedua pihak telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) pada hari Kamis,4 Nopember 2021.


Adapun MoU yang tidak mengikat itu bertujuan untuk bersama-sama mendorong pembangunan infrastruktur jaringan serat optik berkapasitas besar di Pulau Jawa, Indonesia.


Menurut CEO WIFI, Hermansjah Haryono, MoU berisikan rencana kedua belah pihak untuk berkolaborasi dalam memfasilitasi transfer pengetahuan dan teknologi dalam mengembangkan infrastruktur digital serta memfasilitasi kemungkinan investasi bersama.

Kolaborasi ini nantinya diharapkan dapat memastikan percepatan penggelaran serat optik di sepanjang rel kereta api di berbagai lokasi seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.


Seperti diketahui sejak akhir 2019, WIFI melalui IJE memulai pembangunan serat optik di sepanjang rel kereta api milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) sepanjang 2.800 km atau lebih dari 580 stasiun yang terletak di 9 wilayah operasional PT KAI.

Pengembangan ini didesain untuk meningkatkan jaringan infrastruktur data yang sangat cepat, stabil dengan  latency  yang rendah di pulau Jawa yang dapat memfasilitasi konektivitas internet dengan kapasitas  bandwidth  sangat besar sampai dengan 15.000 Gbps.


“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Mitsui, salah satu perusahaan global terbesar dalam infrastruktur digital, dengan kredibilitas dan inovasi yang sudah tidak diragukan lagi. Ini merupakan validasi atas misi dan model bisnis Surge di Indonesia untuk hadirkan konektivitas bagi masyarakat luas, terutama di kabupaten dan kota Tier-2 dan Tier-3 di Indonesia yang belum memiliki akses internet yang berkualitas dan terjangkau,” jelas Hermansjah dalam siaran pers, Kamis, 4 Nopember 2021.


Sebagai informasi Mitsui merupakan perusahaan perdagangan dan investasi global dengan portofolio bisnis terdiversifikasi yang menjangkau sekitar 63 negara di Asia, Eropa, Amerika Utara, Tengah & Selatan, Timur Tengah, Afrika dan Oseania.

Mitsui telah melakukan diversifikasi lebih jauh di luar pilar bisnis utamanya untuk menciptakan nilai multifaset di sektor baru, termasuk Solusi Energi, Perawatan Kesehatan dan Nutrisi yang inovatif dan melalui fokus strategis pada pasar Asia yang tumbuh tinggi.

Check Also

OJK Minta Perbankan Percepat Pembentukan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN)

Marketnews.id Perlahan tapi pasti, kinerja perbankan nasional sejak hadirnya pendemi Covid-19 dua tahun lalu berangsur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *