Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / Unilever : Seluruh Laba Bersih Dibagikan Sebagai Dividen Buat Pemegang Saham

Unilever : Seluruh Laba Bersih Dibagikan Sebagai Dividen Buat Pemegang Saham

Marketnews.id Pemegang saham publik PT Unilever Indonesia Tbk, boleh tersenyum lebar hari ini. Betapa tidak. Seluruh laba bersih yang didapat perseron sepanjang tahun lalu, akan dibagikan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen tunai. Langkah yang dilakukan oleh salah satu emiten pertama yang mencatatkan saham di lantai bursa ini, memang selalu memberikan Dividen kepada pemegang saham dengan prosentase yang besar.

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), menyepakati seluruh laba bersih 2019 sebesar Rp7,4 triliun ditetapkan sebagai dividen.


Keterangan resmi UNVR yang dirilis di Tangerang, Banten, Jumat (24/7) mengungkapkan pada RUPST hari ini perseroan mengesahkan pembagian dividen interim untuk Tahun Buku 2019.

Dividen interim tersebut telah dibagikan pada 18 Desember 2019 sebesar Rp430 per saham sebelum stock split di Januari 2020 (ekuivalen dengan Rp86 setelah stock split) atau seluruhnya berjumlah Rp3,3 triliun.


RUPST juga menyetujui pembagian dividen final dari laba bersih UNVR di 2019 sejumlah Rp107 per saham setelah stock split atau berjumlah Rp4,1 triliun. Sehingga, total dividen yang akan diterima oleh para pemegang saham senilai Rp193 per saham atau berjumlah Rp7,4 triliun. Dividen final akan dibagikan kepada para pemegang saham selambat-lambatnya pada 19 Agustus 2020.


RUPST UNVR menyetujui pula laporan keuangan UNVR (diaudit) untuk periode tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2019. Perseroan berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp42,9 triliun atau meningkat 2,7 persen (tanpa penjualan kategori spread yang didivestasi di 2018, pertumbuhan penjualan adalah sebesar 4,8 persen). Sedangkan, laba bersih di 2019 mencapai Rp7,4 triliun atau bertumbuh tanpa kategori spread sebesar 9,3 persen (year-on-year).


Rapat hari ini juga mengumumkan pengangkatan Badri Narayanan sebagai direktur dan Ignasius Jonan sebagai komisaris UNVR.

“Unilever telah bertumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia selama lebih dari 86 tahun. Selama itu pula kami berkomitmen untuk membawa manfaat bagi masyarakat dan membantu Indonesia menggerakkan ekonomi melalui berbagai upaya,” ucap Sekretaris Perusahaan UNVR Sancoyo Antarikso.

Check Also

Erick Thohir : Pembelian Dolar Dilakukan Secara Optimal, Terukur Dan Sesuai Kebutuhan

MarketNews.id Tingkat inflasi di US yang sulit turun salah satunya dipicu oleh kenaikan harga energy. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *