Home / Corporate Action / BKPM : Hingga Triwulan I 2020 Realisasi Investasi Mencapai Rp 49,3 Triliun

BKPM : Hingga Triwulan I 2020 Realisasi Investasi Mencapai Rp 49,3 Triliun

Marketnews.id Investasi dibidang transportasi, telekomunikasi dan gudang menduduki posisi tertinggi di dalam negeri hingga triwulan pertama 2020. Investasi ini selalu jadi favorit investor dalam lima tahun terakhir ini.

Sepanjang triwulan I 2020, realisasi investasi untuk sektor transportasi, pergudangan, dan telekomunikasi menduduki posisi tertinggi di dalam negeri. Sektor-sektor tersebut menyerap investasi sebesar Rp49,3 triliun, atau 23,4 persen dari total realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri ( PMDN ) pada kuartal I 2020.


Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal ( BKPM ), Bahlil Lahadalia menyatakan, realisasi investasi dari sektor Transportasi, Gudang, dan Telekomunikasi tetap bertahan sebagai sektor favorit investor. Tahun lalu nilai realisasi dari sektor ini mencapai Rp139 triliun atau 17,2 persen dari total realisasi investasi sepanjang tahun 2019.


“Berdasarkan data 2016-2020, sektor Transportasi, Gudang, dan Telekomunikasi mulai masuk ke peringkat 5 (lima) tertinggi sejak tahun 2017 dimana hal ini menandakan pembangunan infrastruktur mulai berjalan. Kegiatan investasi yang ada di dalamnya antara lain pembangunan jalan tol,” kata Bahlil dalam keterangannya, Senin (27/4).


Sektor lain yang bertengger di peringkat selanjutnya investasi tertinggi pada periode triwulan I 2020 adalah Industri Logam Dasar, Barang Logam, Bukan Mesin dan Peralatannya dengan nilai investasi sebesar Rp24,5 triliun atau 11,6 persen.


Berikutnya, sektor Listrik, Gas dan Air dengan nilai Rp18 triliun atau setara 8,6 persen. Diikuti sektor Perumahan, Kawasan Industri dan Perkantoran senilai Rp17,8 triliun atau setara 8,4 persen.


Menurut Bahlil, sektor-sektor yang menyerap investasi terbesar ini sangat berkaitan erat dengan sektor infrastruktur. Hal ini menandakan bahwa selama ini infrastruktur yang menjadi perhatian utama pemerintah sudah berjalan sebagaimana mestinya, mendorong pertumbuhan di sektor lainnya.


Data BKPM menunjukkan, total realisasi investasi pada triwulan I tahun 2020 mencapai Rp210,7 triliun, tumbuh 8 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019, sebesar Rp195,1 triliun.
“Kenaikan besar dialami investasi Penanaman Modal Dalam Negeri ( PMDN ) yang meningkat 29,3 persen,” ujar Bahlil.

Check Also

Fitch : Pemulihan Fiskal Global 2022-2023 Melambat. Inflasi dan Kenaikan Harga Buat Dilema Bank Sentral

Marketnews.id Lembaga pemeringkat Fitch Rating memprediksi, pertumbuhan ekonomi global akan mengalami pelambatan lantaran ada konflik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *