Home / Korporasi / BUMN / Jasa Marga Akan Cari Utang Baru Rp5 Triliun Buat Ekpansi Usaha

Jasa Marga Akan Cari Utang Baru Rp5 Triliun Buat Ekpansi Usaha

Marketnews.id Bisnis bidang infrastruktur memang bisnis padat modal dan padat karya. Keduanya harus sejalan agar bisnis terus berlanjut dan berkesinambungan.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), memastikan bahwa perseroan akan melakukan penggalangan dana melalui penerbitan beberapa instrumen surat utang senilai Rp5 triliun pada semester pertama tahun ini.


Menurut Corporate Secretary JSMR, M Agus Setiawan dalam keterbukaan informasi perseroan yang dilansir Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Selasa (11/2), rencana penerbitan sejumlah utang tersebut untuk memenuhi kebutuhan pendanaan pembangunan jalan tol.


Agus menyebutkan, JSMR sedang mengkaji potensi penerbitan skema alternatif pendanaan. Skema alternatif pendanaan tersebut di antaranya, obligasi konvensional, Komodo Bond, sukuk, pinjaman step up coupon, Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA) dan Kontrak investasi Kolektif Dana Investasi Infrastruktur (KIK-Dinfra).


Selain penerbitan alternatif pendanaan, jelas Agus, sejauh ini perseroan masih memiliki pinjaman perbankan yang standby.


“Saat ini perseroan sedang dalam proses penyusunan struktur dan perijinan pinjaman dengan step up coupon sejumlah Rp1 triliun, ekspektasi akan selesai dalam Kuartal I-2020,” demikian disebutkan dalam keterbukaan informasi JSMR.


Sementara itu, penerbitan KIK-EBA syariah dan obligasi/sukuk sejumlah Rp4 triliun yang diperkirakan selesai pada Semester I-2020. “Namun, timeline penerbitan akan di-review dan disesuaikan dengan kebutuhan perseroan dan kondisi pasar”.

Check Also

BI Teken Kerjasama Dengan Otoritas Moneter Singapura Untuk Tangkal Money Laundry Dan Inovasi Pembayaran

Marketnews.id Kerjasama antara Bank Sentral Indonesia (BI) dan Monetery Authority of Singapore (MAS) semakin intens …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *