Home / Otoritas / Bank Indonesia / BI : Sepanjang Februari 2023, Penyaluran Kredit Perbankan Berbalik Positif

BI : Sepanjang Februari 2023, Penyaluran Kredit Perbankan Berbalik Positif

MarketNews.id Setelah alami penurunan jumlah kredit yang disalurkan pada Januari 2023 lalu, di Februari lalu jumlah kredit yang disalurkan malah naik,tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) tercatat positif 66,7 persen. Fakta ini tentunya anomali dengan tingkat bunga yang masih terus bergerak untuk menekan inflasi. Terus mengalirnya kredit juga jadi indikasi ekonomi akan terus bertumbuh dengan harapan terkendali nya laju inflasi.

Bank Indonesia (BI) mengungkapkan, penyaluran kredit baru oleh perbankan pada Februari 2023 terindikasi meningkat dibandingkan bulan sebelumnya, tecermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru pada Februari 2023 yang tercatat positif sebesar 66,7%, berbalik dari SBT pada bulan sebelumnya yang tercatat negatif sedalam -7,2%.

“Faktor utama yang memengaruhi penyaluran kredit baru tersebut antara lain permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain. Berdasarkan jenis penggunaan, penyaluran kredit baru terindikasi meningkat pada seluruh jenis kredit,” sebut BI dalam rilisnya, Jumat 17 Maret 2023.

Sejalan dengan peningkatan penyaluran kredit baru oleh perbankan, urai bank sentral, permintaan pembiayaan korporasi pada Februari 2023 juga terindikasi tumbuh positif dengan SBT sebesar 9,4 persen.

“Mayoritas pembiayaan terutama bersumber dari dana sendiri, diikuti oleh pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik dan pinjaman/utang dari perusahaan induk. Selain itu, kebutuhan pembiayaan korporasi terhadap kredit baru dari perbankan dalam negeri juga terindikasi meningkat dibanding bulan sebelumnya.”

Dari sisi rumah tangga, permintaan pembiayaan baru terindikasi relatif stabil pada Februari 2023. Mayoritas rumah tangga mengajukan jenis pembiayaan berupa Kredit Multi Guna dan memilih bank umum sebagai sumber utama penambahan pembiayaan.

Adapun sumber pembiayaan lainnya yang menjadi preferensi rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan antara lain koperasi dan leasing.

Check Also

Erick Thohir : Pembelian Dolar Dilakukan Secara Optimal, Terukur Dan Sesuai Kebutuhan

MarketNews.id Tingkat inflasi di US yang sulit turun salah satunya dipicu oleh kenaikan harga energy. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *