Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / Astra Grup Masih Kuasai Pangsa Pasar Mobil Nasional Sebesar 55 Persen Di 2021

Astra Grup Masih Kuasai Pangsa Pasar Mobil Nasional Sebesar 55 Persen Di 2021

Marketnews.id PT Astra Internasional Tbk (ASII) hingga Desember 2021 masih memimpin jumlah penjualan mobil. Sepanjang Desember lalu ASII mampu menjual 51.414 unit mobil. Secara komulatif penjualan sepanjang 2021 mencapai 489.209 unit meningkat dibanding tahun 2020 mencapai 270.076 unit. Peningkatan penjualan sepanjang tahun lalu tidak lepas dari kebijakan pemerintah melalui relaksasi PPnBM.

PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan penjualan mobil pada Desember 2021 sebanyak 51.414 unit. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya (month to month/ mtom) yang mencapai 52.229 unit.

Sementara itu jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2020 (year on year / yoy) penjualan mobil produk Astra juga tinggi dimana saat itu angka penjualannya hanya 27.024 unit.


Head of Corporate Communications ASII, Boy Kelana Soebroto, mengatakan dari realisasi penjualan mobil milik Astra pada Desember 2021, tertinggi adalah merek Toyota yang mencapai 21.797 unit. Kemudian Daihatsu angka penjualannya mencapai 17.020 unit. Selanjutnya Isuzu mencapai 2.779 unit dan UD Truck sebanyak 95 unit. Sementara yang terendah adalah Peugeot sebanyak 38 unit.


Secara kumulatif, lanjut Boy, angka penjualan mobil Astra sepanjang tahun 2021 mencapai 489.209 unit. Sementara di tahun 2020 pada periode yang sama angka penjualan mobil hanya sebanyak 270.076 unit. Penjualan yang meningkat ini salah satunya dipicu oleh relaksasi kebijakan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) dari pemerintah.


“Sepanjang tahun 2021, penjualan mobil Astra secara nasional mencatat pertumbuhan yang sangat baik dibandingkan penjualan di tahun 2020. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor terutama insentif PPnBM 100 persen yang diperpanjang hingga akhir tahun lalu,” kata Boy dalam keterangannya.


Dijelaskan untuk produk-produk mobil yang terjual berdasarkan data Gaikindo, per Desember 2021 lalu market share mobil Astra mencapai 53 persen. Sementara untuk produk mobil jenis LCGC market share-nya mencapai 72 persen.

Secara total market share penjualan produk Astra sejak Januari – Desember 2021 mencapai 55 persen dan untuk produk LCGC 78 persen dari total unit mobil baik Astra maupun non Astra.


“Kami berharap pasar mobil di tahun 2022 akan semakin baik seiring dengan bergeraknya roda perekonomian serta meningkatnya daya beli masyarakat,” ujarnya.

Check Also

Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) Raih Kenaikan Laba Bersih Di 2021 Jadi Rp 3,03 Triliun

Marketnews.is Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) catat debut pertamanya setelah merger dengan bank syariah milik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *