Home / Korporasi / BUMN / Kementerian PUPR Dan Badan Usaha Jalan Tol Komit Tuntaskan 11 Jalan Tol Tahun ini

Kementerian PUPR Dan Badan Usaha Jalan Tol Komit Tuntaskan 11 Jalan Tol Tahun ini

Marketnews.id Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sepakat akan menyelesaikan 11 jalan tol yang saat ini masih dikerjakan dan akan selesai sebelum tutup tahun 2021 ini. Komitmen ini merupakan wujud tanggung jawab kepada publik. Berbagai percepatan dilakukan agar pembangunan jalan tol bisa sesuai rencana sehingga dapat positif bagi perekonomian nasional.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) bersama Badan Usaha Jalan Tol ( BUJT ), berkomitmen untuk menyelesaikan pembanguan 11 ruas tol hingga akhir 2021 mendatang.

Berbagai percepatan dilakukan agar pembangunan tol bisa sesuai rencana sehingga dapat berdampak positif bagi perekonomian nasional.


Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja mengatakan, 11 ruas tol yang akan diselesaikan tahun ini terdiri dari ruas Trans Sumatera yakni Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi 1, Tebing Tinggi-Inderapura dan junction Tebing Tinggi (20,4 km), Sigli-Banda Aceh seksi 2 Seulimeum-Jantho (6,3 km), Padang-Pekanbaru ruas Pekanbaru-Bangkinang (40 km), Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu ruas Bengkulu-Taba Penanjung (17,6 km), dan Binjai-Langsa ruas Binjai-Stabat (12,3 km).


Kemudian ruas tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan seksi 1,2,3, dan 6 (38,62 km), Cibitung-Cilincing seksi 2 dan 3 (24,45 km), Serpong-Cinere seksi 2 (3,64 km), BIJB Kertajati (3,38 km), Semarang-Batang simpang susun Kawasan Industri Batang (3,10 km), dan Manado-Bitung seksi 2B Danowudu-Bitung (13,5 km).


Ditegaskan Endra, bahwa tol tersebut nantinya akan menunjang konektivitas lantaran terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti Kawasan Industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan.

Dengan begitu diharapkan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

Seperti diketahui, dari Januari hingga Agustus 2021 sudah ada 13 ruas tol baru yang tuntas konstruksi fisiknya sepanjang 96,16 km, dimana 10 ruas telah beroperasi.


“Kementerian PUPR optimis 11 ruas lagi sepanjang 189,36 km bisa dituntaskan konstruksi fisiknya hingga akhir tahun 2021, melengkapi 13 ruas yg sudah dituntaskan konstruksi fisiknya tersebut. Sehingga total sebanyak 24 ruas dengan total panjang 312,02 km di tahun 2021 ditargetkan bisa selesai,” kata Endra dalam keterangannya, Selasa, 2 Nopember 2021.


Mengenai jadwal peresmian untuk ruas-ruas yang sudah selesai konstruksinya, Endra menyatakan akan melaporkan terlebih dahulu ke pihak Sekretariat Presiden (Setpres) untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut mengenai waktu peresmian.

Mengacu pada pengalaman sebelumnya bahwa peresmian tol akan diikuti dengan pembukaan secara fungsional dengan terlebih dahulu tanpa pengenaan tarif yang berlaku dalam jangka waktu tertentu.


“Intinya kami akan mempersiapkan diri dengan baik untuk peresmian ruas tol baru yang telah rampung,” ujarnya.


Sebagai informasi tambahan sebanyak 10 ruas tol yang telah beroperasi yakni Banda Aceh-Sigli seksi 3 (16 km), Medan-Binjai seksi 1A (3,5 km).

Bekasi-Cawang-Kampung Melayu seksi 1A (2,1 km), Serpong-Cinere seksi 1 (6,5 km), Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,19 km), Serpong – Cinere seksi 1 (6,5 km), Depok-Antasari on/off ramp Rawajati (1,75 km).

Solo-Ngawi simpang susun Sragen Timur (1,04 km), Pemalang-Batang simpang susun Pekalongan dan exit Pekalongan (3,84 km), Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang (9,3 km), dan Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan 5 (32,39 km).


Sisanya sebanyak tiga ruas telah rampung konstruksi fisiknya serta sudah uji laik fungsi dan siap diresmikan beroperasi. Ketiga ruas itu adalah ruas Tol Cibitung-Cilincing seksi 1 (2,65 km), on/off ramp Km 42+500 Tol Jagorawi (2,9 km), dan ditambah ruas Tol Serang-Panimbang seksi 1 (26,5 km).

Check Also

OJK Minta Perbankan Percepat Pembentukan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN)

Marketnews.id Perlahan tapi pasti, kinerja perbankan nasional sejak hadirnya pendemi Covid-19 dua tahun lalu berangsur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *