Home / Otoritas / Bank Indonesia / Perry Warjiyo Kembali Jadi Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) 2021-2024

Perry Warjiyo Kembali Jadi Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) 2021-2024

Marketnews.id Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) kembali mengukuhkan Perry Warjiyo sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia untuk jabatan keduanya Periode 2021-2024. Terpilihnya kembali Perry sebagai Ketua Umum ISEI tidak lepas dari perannya sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) yang dinilai mampu menjalankan fungsinya sebagai pengelola moneter dan kemampuan berkaloborasi dengan pemerintah menjaga sistem moneter dan mendukung program pemerintah terkait bidangnya.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo kembali terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), untuk periode 2021-2024. Pada kepemimpinannya dalam tiga tahun ke depan, Perry menyampaikan bahwa akan fokus ke 4 (empat) program utama.

Program pertama, difokuskan ISEI di bawah kepemimpinan Perry ke depan adalah pemberian rekomendasi kebijakan pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19.

“Bagaimana ISEI bisa memberikan kontribusi rekomendasi kebijakan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Ini jadi fokus baik pengurus pusat dan daerah,” kata Perry pada konferensi pers setelah pemilihan dan penetapan Ketua Umum, Rabu, 1 September 2021).


Perry menargetkan, ISEI bisa memberikan rekomendasi kebijakan melalui kajian-kajian yang berkaitan dengan sinergi kebijakan ekonomi dari berbagai pihak, utamanya pemerintah dan Bank Indonesia (BI).

Sinergi itu, tambahnya, diharapkan bisa sinkron dengan bidang kesehatan seperti pelaksanaan PPKM, vaksinasi, dan pembukaan sektor-sektor ekonomi secara bertahap.

Kedua, ISEI juga memperkuat strategi inovasi dan implementasi kebijakan transformasi ekonomi di sektor riil untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan berkelanjutan.


Hal itu dicapai dengan trasnformasi kebijakan yang berkaitan dengan sektor UMKM dan pertanian; hilirisasi sumber daya alam pada sektor manufaktur; penguatan mata rantai ekonomi lokal, nasional, dan global; pengembangan infrastruktur konektivitas fisik dan digital; serta pengembangan ekonomi kreatif dan kewirausahaan baik di bidang SDM dan teknologi.

Ketiga, percepatan digitalisasi ekonomi dan keuangan. Keempat, optimalisasi program pemberdayaan pengurus ISEI di pusat dan daerah.

Perry lalu menyampaikan bahwa dalam 30 hari ke depan, pihaknya akan segera membentuk kepengurusan pusat ISEI. Untuk susunan keanggotaannya, tambah Perry, akan dirumuskan dengan keterwakilan dari kalangan akademisi, pelaku bisnis, dan pemerintah.

Lebih jauh Perry menyebut akan segera menyampaikan rekomendasi kebijakan ekonomi yang dikompilasi oleh pengurus ISEI sebelum penyelenggaraan kongres kepada pemerintah.

Adapun, Perry dipilih kembali menjadi Ketua Umum Pengurus Pusat ISEI secara aklamasi pada hari kedua penyelenggaran Kongres ISEI XXI, di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 1.September 2021. Sebelumnya, Perry telah memimpin ISEI pada periode 2018-2021.

“Proses pemilihan dan penetapan Ketua Umum berjalan demokratis, sesuai tata kelola, AD/ART, hasilnya menyepakati saya, Perry Warjiyo, untuk meneruskan amanat ini untuk tiga tahun ke depan yaitu periode 2021-2024. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh peserta kongres, Insya Allah ini adalah amanat yang mulia untuk ISEI, ekonomi, dan untuk bangsa kita,” kata Perry.

Check Also

BI Teken Kerjasama Dengan Otoritas Moneter Singapura Untuk Tangkal Money Laundry Dan Inovasi Pembayaran

Marketnews.id Kerjasama antara Bank Sentral Indonesia (BI) dan Monetery Authority of Singapore (MAS) semakin intens …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *