Home / Otoritas / Bank Indonesia / Citibank Indonesia Akan Tinggalkan Layanan Konsumen, Fokus Institusional Clients

Citibank Indonesia Akan Tinggalkan Layanan Konsumen, Fokus Institusional Clients

Marketnews.id Fokus usaha Citi Indonesia akan mengikuti kebijakan kantor pusat Citi Groups. Bank ini ke depannya akan fokus beroperasi di Indonesia melalui unit institusional Clients Group (ICG), antara lain jasa Treasury and Trade Solutions. Markets and Securities Service atau jasa Kostodian, hingga banking Capital market advisory. Jasa yang dimiliki saat ini terus berjalan dan pada saat yang tepat akan dijual.

Citibank Indonesia menegaskan bahwa tidak ada perubahan mendadak atas nasabah seiring kebijakan pelepasan bisnis consumer di 13 negara, termasuk di Indonesia.

Citi Indonesia akan terus beroperasi di Indonesia melalui unit Institutional Clients Group (ICG), antara lain Treasury and Trade Solutions, Markets and Securities Services atau jasa kustodian, hingga banking capital market advisory  untuk nasabah-nasabah institusional.

Citi dalam operasinya melayani perusahaan lokal, pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara, lembaga keuangan dan perusahaan multinasional, Citi Commercial Bank, dan layanan pasar modal melalui Citigroup Sekuritas Indonesia.

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi menyatakan, perusahaannya memiliki bisnis consumer yang kuat dan menguntungkan di Indonesia. Bisnis ini juga didukung tim yang sangat terampil dan berdedikasi.


“Citi akan senantiasa berupaya untuk memberikan hasil yang sebaik mungkin bagi para nasabah dan karyawan kami,” terangnya dalam siaran pers, Minggu (18/4/2021).

Batara menambahkan, proses penjualan akan membutuhkan waktu. Pihaknya akan mengupayakan proses strategis yang dilakukan secara prudent dan sistematis melalui koordinasi erat yang terus menerus dengan kantor pusat, pemangku kepentingan dan regulator seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI). Bankir senior ini juga berjanji akan memberikan informasi terkini bila ada perkembangan lebih lanjut mengenai proses penjualan.

“Selama proses penjualan, kegiatan operasional bisnis consumer kami termasuk kantor cabang, call centers, serta layanan digital akan terus berjalan seperti biasa. Para nasabah kami akan tetap mendapatkan layanan yang berkualitas tinggi seperti yang selama ini mereka peroleh dari seluruh produk dan layanan kami,” imbuh Batara.


Kegiatan bisnis consumer banking Citi di Indonesia meliputi kartu kredit, kredit tanpa agunan, kantor cabang retail, layanan pengelolaan kekayaan (wealth management), layanan nasabah perbankan individual yang terdiri dari Citigold, Citi Priority dan Citi Banking, layanan perbankan digital, bancassurance, layanan perbankan melalui telepon, hingga operasional consumer.

Saat ini Citi melayani 90 persen dari 20 perusahaan terbesar di Indonesia. Atas bisnisnya itu, pada 2020 perusahaan mengumpulkan dana sebesar lebih dari US$10 miliar untuk para kliennya.

Check Also

OJK Minta Perbankan Percepat Pembentukan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN)

Marketnews.id Perlahan tapi pasti, kinerja perbankan nasional sejak hadirnya pendemi Covid-19 dua tahun lalu berangsur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *