Home / Corporate Action / Ini Mobil Listrik Produk Toyota Seharga Kijang Inova

Ini Mobil Listrik Produk Toyota Seharga Kijang Inova

Marketnews.id Masyarakat kota besar di Indonesia, sudah dapat mengendarai kendaraan listrik mungil produk dari Toyota Jepang. Meski masih banyak kekurangan dibanding kendaraan berbahan bakar bensin, kendaraan listrik ini dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun akan menggantikan kendaraan berbahan bakar bensin. Harganya pun untuk jenis city car belum termasuk pajak masih bersaing dengan kendaraan berbahan bakar bensin.

Toyota Motor Corporation, telah mengungkap detail dari lini kendaraan listrik baterai ultra kompak terbarunya, C+pod yang dirilis secara terbatas pada Jumat (25/12/2020) di Jepang.

C+pod merupakan mobil listrik berbasis baterai (BEV) berkonfigurasi dua kursi, yang dirancang sebagai opsi mobilitas jarak dekat. Selain itu, C+pod juga ditujukan untuk pengguna korporat, komunitas perkotaan atau pegunungan.

Mobil listrik spesifikasi, C+pod memiliki bodi kompak berukuran panjang 2.490 mm, lebar 1.290 mm, dan tinggi 1.550 mm. Sementara itu, dengan radius putar minimum 3,9 meter, C+pod mampu menavigasi sudut tajam jalanan yang sempit dan meminimalkan pengoperasian saat parkir.


Mobil kompak ini dibekali motor listrik 1RM (motor listrik magnet permanen) berdaya maksimum 9,2 kW atau setara 12,3 hp dan torsi maksimum 56 Nm. C+pod memiliki kecepatan maksimum 60 km/jam, yang diperkuat baterai lithium ion berkapasitas 51 Ah / 177,6 Volt / 9,06 kWh.

Baterai ini memiliki daya jelajah sejauh 150 kilometer dalam sekali pengisian daya (WLTC mode), serta dapat diisi ulang dengan waktu lima jam untuk pengisian daya standar (200V/16A) dan 16 jam (100V/6A).

C+pod mendukung pengisian standar yang memudahkan pengisian daya baik di rumah maupun di luar rumah. Kabel pengisi daya yang disertakan adalah 100/200 VAC, terhubung langsung ke stop kontak untuk pengisian daya.


Mobil ini juga dapat digunakan sebagai genset darurat saat terjadi pemadaman listrik atau bencana alam. Kemampuannya dalam memasok listrik bisa mencapai 10 jam, dihitung dari konsumsi daya harian 10 kWh.

Sementara dari tampilan luar, C+pod memiliki panel eksterior dari plastik untuk mengurangi bobot kendaraan. Mobil ini hadir dalam dual-tone warna, yakni Cyan Metallic dan Orange Metallic. Ada juga pilihan tiga warna yang memadukan bodi dengan kabin hitam.


C+pod saat ini tersedia dalam dua varian, yakni X dengan harga jual 1,650 juta yen, setara Rp 224,7 juta dan G yang dibanderol 1,716 juta yen atau setara dengan Rp233,7 juta. Tertarik?

Check Also

Fitch : Pemulihan Fiskal Global 2022-2023 Melambat. Inflasi dan Kenaikan Harga Buat Dilema Bank Sentral

Marketnews.id Lembaga pemeringkat Fitch Rating memprediksi, pertumbuhan ekonomi global akan mengalami pelambatan lantaran ada konflik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *