Home / Corporate Action / Tujuh Investor Asing Siap Relokasi Pabriknya ke Indonesia

Tujuh Investor Asing Siap Relokasi Pabriknya ke Indonesia

Marketnews.id Pemerintah Indonesia boleh berbesar hati saat ini. Di tengah pendemi Covid-19 yang belum tahu kapan berakhir, tujuh perusahaan asing justru akan masuk dan berinvestasi di Indonesia dengan membangun pabriknya di kawasan industri terpadu Batang.

Presiden Joko Widodo mengatakan, tujuh perusahaan asing telah memastikan merelokasi pabrik ke Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah.

Ketujuh perusahaan asing itu adalah PT Meiloon Technology Indonesia, PT Sagami Indonesia, PT CDS Asia, PT Kenda Rubber Indonesia, PT Denso Indonesia, PT Panasonic Manufacturing Indonesia, dan PT LG Electronics Indonesia.

“Saya senang hari ini ada tujuh [perusahaan relokasi pabrik ke Indonesia]. Kemudian, ada 17 yang punya komitmen besar sudah masuk ke 60 persen, hampir 100 persen,” kata Presiden saat meninjau Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020).


Adapun, Meiloon adalah perusahaan asal China. Korporasi ini merelokasi pabrik dari Suzhou, China. Sebelumnya pabrik di Taiwan dan China merupakan pusat produksi untuk pasar global. Rencanana relokasi pabrik ini akan menyerap lebih dari 8.000 tenaga kerja dengan nilai investasi US$90 juta.

Sagami, perusahaan elektronika untuk komponen kendaraan bermotor juga merelokasi pabrik dari Shenzen, China. Perusahaan menilai biaya produksi di Indonesia lebih kompetitif dibandingkan dengan Negeri Tirai Bambu. Sagami akan menyerap lebih dari 6.500 tenaga dengan nilai investasi US$50 juta.

Selanjutnya, perusahaan yang akan merelokasi pabrik ke Indonesia adalah CDS Asia atau Alpan. Perusahaan ini merelokasi pabrik dari Xiamen, China karena Indonesia bebas tarif impor ke Amerika Serikat, sedangkan pengiriman dari China kena tarif 25 persen. Perusahaan ini akan menyerap lebih dari 3.500 tenaga kerja dengan nilai investasi US$14 juta.


Perusahaan keempat adalah Kenda yang akan memperkejarkan lebih dari 3.000 tenaga kerja. Pabrik dengan nilai investasi US$ 150 juta ini relokasi dari Shenzen China, karena peningkatan permintaan pasar di Indonesia.

Denso, perusahaan yang bergerak pada industri suku cadang kendaraan bermotor juga akan merelokasi pabrik dari Jepang ke Batang. Pasalnya. Indonesia dinilai sebagai lokasi terbaik di kawasan Asean. Pabrik ini akan membuka lapangan pekerjaan baru sebanyak lebih dari 1.500 orang dengan nilai investasi US$138 juta.

Perusahaan keenam adalah Panasonic yang memiliki lini bisnis barang elektronik. Seperti kebanyakan perusahaan lainnya, Panasonic merelokasi pabrik dari China karena hendak menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor sejumlah produk home appliances. Pabrik Panasonic di Batang akan membuat lapangan pekerjaan baru bagi lebih dari 1.940 orang.


Perusahaan terakhir yang telah berkomitmen adalah LG. Pabrik yang akan memperkerjakan lebih dari 6.010 orang ini merupakan relokasi dari Korea Selatan.
LG memiliki rencana menjadikan Indonesia sebagia hub baru yang menjangkau pasar Asia dan Australia. Nilai investasi yang digelontorkan US$378 juta.

Check Also

Antisipasi Kebutuhan Idulfitri, Pertamina Tambah 7,36 Juta Tabung LPG 3 Kilo.

MarketNews.id Pertamina melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga, telah menambah pasokan LPG 3 kilogram …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *