Marketnews.id Berbagai upaya optimal dilakukan buat memanjakan nasabah atau konsumen. Dalam dunia perbankan, dimana teknologi yang menyertainya sudah mumpuni, mempermudah perbankan memberikan pelayanan yang lebih baik buat nasabahnya.
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) menegaskan, akan terus melakukan inovasi untuk meningkatkan layanan kepada nasabahnya. BRI bahkan sudah menuju ke era open banking dengan berbasis open API (application programming interface).
Era tersebut untuk mengaklerasi kebutuhan digital banking yang saat ini sudah menjadi kebutuhan utama nasabah saat melakukan transaksi keuangan.
Executive Vice President Digital Center of Excellence BBRI, Kaspar Situmorang, mengatakan bentuk inovasi yang dilakukan oleh bank yang lebih banyak bergerak di sektor UMKM ini di antaranya adalah mengembangkan bentuk layanan digital untuk masyarakat seperti BRI mobile, BRI Spot, dan layanan Chatbot Sabrina. Di 2019 bank BRI dan anak usahanya menciptakan digital lending berupa Pinang dan Ceria.
“BRI terus berinovasi dengan menjadi bank yang go smaller, go shorter dan go swifter. Sehingga BRI dapat melayani masyarakat sebanyak mungkin dengan biaya seefisien mungkin,” kata Kaspar dalam webminar Inovasi layanan keuangan saat new normal – Bank Tradisional VS Challenger Bank, Senin (15/6).
Lebih lanjut, Kaspar menyatakan bahwa saat ini BBRI telah melakukan perubahan total atas layanan pembiayaan khususnya bagi UMKM . Melalui digitalisasi BRI berhasil mempersingkat waktu layanan loan delivery.
“Loan service delivery yang sebelumnya membutuhkan waktu dua minggu di 2019 kita berhasil mempersingkat waktunya menjadi hanya dua menit,” ujar Kaspar.
Untuk menghadapi The New Normal, BRI membagi tiga hal utama, yakni pada pekerja dan jaringan, teknologi informasi (IT) dan digital, serta proses bisnis. Untuk pekerja dan jaringan BBRI menerapkan flexy working , perubahan fungsi dan peran jaringan kantor Bank BRI, co-working space dan penerapan protokol kesehatan di seluruh kantor Bank BRI. Dalam hal IT dan digital, perseroan menyiapkan kehandalan sistem dan jaringan serta keamanan sehingga masyarakat mudah dan aman bertransaksi perbankan BRI.
Yang terakhir, BRI mengubah produk, bisnis proses dan operasional dengan menyesuaikan perilaku masyarakat, seperti menghadirkan pinjaman digital dan simpanan digital dengan tetap tumbuh sehat melalui selective growth.