Home / Korporasi / BUMN / BUMN Tetap Beroperasi Secara Normal Walau Tetap Waspada

BUMN Tetap Beroperasi Secara Normal Walau Tetap Waspada

Marketnews.id Dilema memang dihadapi oleh Pemerintah dalam menangani Pendemi virus Covid-19 alias Corona. Disatu sisi berusaha agar masyarakat terlindungi, disisi lain kegiatan ekonomi harus terus berputar.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, memastikan seluruh BUMN akan tetap beroperasi secara normal. Dan tidak ada instruksi untuk melakukan penutupan layanan di berbagai wilayah di Indonesia.

Meski demikian, Erick tetap meminta kepada seluruh BUMN untuk membatasi pertemuan yang bersifat melibatkan banyak orang, seperti rapat di luar daerah.

“BUMN tetap ber­ope­rasi seperti biasa, ter­utama BUMN yang me­layani pu­blik. Per­bank­an, tele­komu­ni­­­ka­­si, ban­dara, pe­­labuhan, ferry, penerbangan, kereta api, bis, operator jalan tol, rumah sakit, dan farmasi, semua­nya tetap melayani Indonesia,” katanya.

Di internal BUMN, Erick meminta kepada seluruh jajarannya untuk menjaga segala bentuk rapat dan membatasi jumlah orang yang hadir dalam rapat. “Waktu rapat juga dibatasi. Jadi banyak hal yang dibatasi, tetapi secara umum BUMN tetap beraktivitas seperti biasa,” ucapnya

Erick juga me­minta seluruh masyarakat untuk bergotong royong mencegah penyebar­an virus corona di lingkungannya masing-masing. Dia mencontoh­kan Vietnam dan Singapura yang berhasil melawan virus corona dengan melibatkan seluruh masyarakatnya.

Dia menyebut, pemerintah tetap membutuhkan ko­mitmen dari masya­rakat untuk melawan Covid-19, meskipun telah memiliki prog­ram penanganannya di Indonesia.

Masyarakat, lanjut Erick, harus lebih sadar terhadap ke­bersihan seperti men­cuci tangan secara rutin. Alasannya, mencuci tangan menjadi salah satu cara yang dianggap ampuh dalam upaya menangkal virus corona.

“Kita lakukan hal terkecil yang memang harus kita lakukan, mulai dari rutin mencuci tangan, menjaga kebersihan kantor dan rumah, ti­dak menghadiri acara yang penuh orang seperti konser, per­tandingan olah­raga, tempat wisata, dan resepsi pernikahan,” ujarnya.

Selain itu, Erick juga menyarankan kepada masyarakat yang sudah berusia lebih dari 50 tahun, atau yang sedang sakit untuk tidak keluar rumah dan men­jaga dirinya dengan baik.

Check Also

OJK Minta Perbankan Percepat Pembentukan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN)

Marketnews.id Perlahan tapi pasti, kinerja perbankan nasional sejak hadirnya pendemi Covid-19 dua tahun lalu berangsur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *