Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / BEI Yakin ETF Tembus Rekor Pencatatan Tahun Ini.

BEI Yakin ETF Tembus Rekor Pencatatan Tahun Ini.

Marketnews.id Optimis. Itulah keyakinan Bursa Efek Indonesia (BEI) atas jumlah pencatatan reksa dana saham (ETF) di 2019 akan menembus rekor terbanyak.Dasar nya, pada tahun lalu penerbitan ETF hanya sebanyak sepuluh produk.
“Hari ini jumlah ETF yang dicatatkan di BEI sepanjang 2019 sudah mencapai sepuluh produk baru atau total sebanyak 34 ETF yang tercatat di Bursa,” kata Direktur BEI, I Gede Nyoman Yetna Setia di Gedung BEI Jakarta, Jumat (18/10).
Nyoman menyebutkan, sepanjang 2018 jumlah ETF yang tercatat di BEI hanya delapan unit. “Kalau di tahun ini, sampai Oktober saja sudah sepuluh unit. Sedangkan yang ada di pipeline masih ada unit lagi. Sehingga, kami meyakini jumlah ETF yng tercatat di 2019 bisa tembus rekor dari tahun-tahun sebelumnya,” papar Nyoman.
Dia berharap, pencatatan ETF XAFA yang diterbitkan oleh PT Avrist Asset Management (Avram) bersama PT Mandiri Sekuritas tersebut akan diikuti oleh pencatatan ETF baru dengan underlying berbeda. Perlu diketahui, XAFA akan berinvestasi pada Surat Berharga Negara (SBN) FR0081 yang berjangka waktu lima tahun.
“XAFA ini merupakan ETF pertama Avrist yang ke depannya diharapkan bisa lebih banyak lagi. Sebanyak 34 ETF yang ada saat ini, hanya diterbitkan oleh 14 Manajer Investasi dari jumlah keseluruhan 97 Manajer Investasi, papar Nyoman.
Pada pencatatan perdana hari ini, XAFA langsung bergerak menguat ke level Rp1.015 per unit penyertaan (UP) dari posisi awal Rp1.015 yang didukung oleh frekuensi transaksi sebanyak empat kali dan volume transaksi sebanyak 23 lot. Sehingga, nilai transaksi XAFA di awal perdagangan hari ini mencapai Rp2,33 juta.
Minimun transaksi XAFA di pasar primer untuk 1 unit kreasi (UK) sebanyak 1 juta(UP) setara dengan Rp1 miliar, sedangkan di pasar sekunder untuk 1 lot sebanyak 100 UP. Kebijakan investasi XAFA menetapkan sebesar 80-100 persen pada efek bersifat utang dan sebesar 0-20 persen di instrumen pasar uang.
Alasan investasi XAFA pada FR0081 mempertimbangkan tingginya likuiditas, risiko pasar yang rendah karena durasi pendek dan peringkat kredit di level AAA yang memiliki risiko default rendah. Keuntungan bagi investor antara lain, adanya return yang lebih tinggi dibandingkan dengan kepemilikan langsung pada obligasi tersebut.
Investor juga akan mendapat pembagian hasil investasi secara berkala setiap enam bulan serta memiliki kemungkinan capital gain. Selain itu, memudahkan investor untuk melakukan asset-liability matching, yaitu menyesuaikan kewajiban dengan aset yang dimiliki.

Check Also

OJK Beri Teguran Ringan Bank Artha Graha

MarketNews.id- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjatuhkan sanksi administrative kepada PT Bank Artha Graha Internasional Tbk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *