Home / Korporasi / BUMN / Bank BRI Pastikan Layanan Nasabah Tetap Optimal Selama Libur Lebaran

Bank BRI Pastikan Layanan Nasabah Tetap Optimal Selama Libur Lebaran

MarketNews.id Tetap memberikan layanan optimal buat nasabah di saat libur Hari Raya Idulfitri buat Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) jadi layanan rutin. Setiap ada hari libur panjang, nasabah BBRI yang sebagian besar ada di pelosok negeri tatap dapat terlayani dengan baik.

Tidak berbeda dengan layanan yang diberikan oleh bank milik negara yang lain, BBRI memanfaatkan momentum lebaran yang biasa diiringi dengan peningkatan transaksi di tengah masyarakat seluruh Indonesia khususnya daerah yang jadi tujuan atau jalur mudik. Pada jalur ini, BBRI akan lebih optimal melayani nasabahnya termasuk di wilayah tujuan wisata.

Untuk memberikan layanan kepada masyarakat selama periode libur lebaran 2023, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) kembali melaksanakan BRI Gerakan Siaga Terpadu ( BRIG esit) Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2023.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI, Andrijanto, mengatakan bahwa BRIG esit RAFI merupakan operasi kesiapan seluruh layanan BRI, termasuk salah satunya adalah kesiapan perangkat e-Channel ATM, CRM dan EDC pada saat Ramadan dan Lebaran 1444 H.

“Bulan Ramadan dan Idul Fitri merupakan momentum yang selalu diiringi dengan peningkatan transaksi di tengah masyarakat diseluruh wilayah Indonesia, terutama yang menjadi tujuan atau jalur mudik,” kata Andrijanto dalam keterangan tertulis, Rabu 19 April 2023.

Dalam program ini, terdapat lima aspek layanan utama yang disiapkan mulai dari ketersediaan kas, kesiapan Kantor Layanan Terbatas, e-Channel support, Digital Channel, IT & Network System, dan Campaign Program.

“Jumlah aspek ini menunjukkan terjadinya perluasan ruang lingkup program BRIG esit ketimbang tahun lalu yang hanya mencangkup layanan e-Channel,” ujar Andrijanto.

BRI akan menjaga kecukupan kas dengan pertimbangan histori kebutuhan pada periode RAFI sebelumnya dan peningkatan transaksi masyarakat. BRI juga memberikan fasilitas penukaran uang yang tersebar di ratusan cabang, masjid, E-Buzz dan Teras Kapal Bahtera Seva I khusus warga Kepulauan Seribu.

Selama libur Lebaran BRI tetap mengoperasionalkan Layanan Terbatas di 163 Kantor di seluruh Indonesia. Meski terbatas, di kantor setempat tetap melayani berbagai keperluan masyarakat terkait aktivitas perbankan, nasabah juga bisa melakukan pembukaan rekening untuk kebutuhan klaim asuransi kecelakaan untuk layanan Jasa Raharja, setoran penebusan DO BBM/Non BBM dari SPBU PERTAMINA, dan sebagainya.

BRI akan terus menjaga kehandalan e-channel demi memastikan tidak terjadi kendala dan apabila terdapat kendala dapat segera mengatasinya segera. BRI juga memantapkan semua perangkat yang tersebar di seluruh Indonesia agar dapat menerima uang emisi baru.

Program tersebut menjadi komitmen perseroan untuk selalu memberikan layanan prima bagi masyarakat di bulan Ramadan hingga H+10 lebaran.
“Kami pun memastikan ketersediaan kas pada ATM/CRM BRI, serta memonitor khusus seluruh ATM/CRM yang berada pada jalur mudik dan lokasi strategis seperti tempat wisata, stasiun, bandara, pelabuhan dan pusat perbelanjaan dapat beroperasional dengan baik”, ujarnya.

Dari segi Digital Channel, BRI mengoptimalkan aplikasi BRImo dengan menjaga kehandalan aplikasi, mempercepat complain handling, dan monitoring intensif secara real time. BRI juga memastikan kecukupan stok kartu BRIZZI di seluruh Indonesia.

Untuk mendukung kelancaran semua fasilitas tersebut, BRI aktif memonitor kehandalan server dan network.
Untuk memperlancar keseluruhan upaya tersebut, Andrijanto mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap berbagai modus kejahatan perbankan.

“Kuncinya hanya satu, nasabah harus menjaga kerahasiaan data transaksi perbankan dan data pribadi yang biasanya menjadi basis dari kejahatan siber ini. Diantaranya adalah username mobile banking, password, PIN dan kode OTP untuk transaksi, serta informasi data perbankan lainnya” pungkasnya.

Check Also

INPP Jual 36,7 Persen Saham Kepada Hankyu Hanshin Properti Senilai Rp652, 65 Miliar

MarketNews.id- Indonesian Paradise Property(INPP) telah menjual 149.019.892 lembar atau   36,7 persen porsi kepemilikan saham pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *