Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / PT Jakarta Metro Ekspressway (JKTMetro) Siap Bangun Tol JORR Elevates Cikunir- Ulujami 21,5 km

PT Jakarta Metro Ekspressway (JKTMetro) Siap Bangun Tol JORR Elevates Cikunir- Ulujami 21,5 km

MarketNews.id PT Marga Metro Nusantara anak usaha META grup Gandeng PT Adhi Karya dan PT Acset Indonusa buat Perusahaan baru PT Jakarta Metro Ekspressway (JKTMetro) yang akan menggarap jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Cikunir -Ulujami Elevates sepanjang 21,5 km dengan nilai investasi Rp21, 26 triliun.

Pembentukan badan usaha ini menandakan proses pelaksanaan pembuatan jalan tol JORR elevates sudah dimulai dari tataran administrasi hingga persiapan pengerjaan di lapangan.

Pengalaman PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) membangun jalan tol layang Pattarani di Makassar Sulawesi Selatan, menjadi salah satu bukti emiten infrastruktur ini mampu membangun tol layang yang membentang di atas jalan tol JORR II.

PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) – melalui anak usahanya, PT Marga Metro Nusantara (MMN) mendirikan perusahaan patungan bersama PT Adhi Karya Tbk (ADHI) dan PT Acset Indonusa Tbk (ACST) bagian Grup Astra.

Perusahaan patungan tersebut bernama PT Jakarta Metro Ekspressway (JKTMetro) yang akan menggarap Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Cikunir-Ulujami Elevated sepanjang 21,5 km, dengan nilai investasi Rp 21,26 triliun.

MMN menguasai sebanyak 85 persen saham Jakarta Metro Ekspressway, ADHI 10 persen, dan Acset (ACST) menggenggam 5 persen sahamnya.

“JKTMetro bergerak dalam bidang pengusahaan jalan tol, yang meliputi pendanaan, perencanaan teknik, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian, dan pemeliharaan jalan tol,” jelas Sekretaris Perusahaan Nusantara Infrastructure, Dahlia Evawani dalam keterbukaan informasi dikutip Kamis 14 September 2023.

Dia menambahkan, keikutsertaan MMN dalam pendirian JKTMetro adalah sebagai bagian dari strategi perseroan untuk mendukung pembangunan dan percepatan infrastruktur di Indonesia.

Di tempat terpisah, Sekretaris Perusahaan Adhi Karya (ADHI), Farid Budiyanto menjelaskan, maksud dan tujuan dibentuknya PT Jakarta Metro Ekspressway adalah melaksanakan pengusahaan Jalan Tol JORR Cikunir-Ulujami Elevated.
Pengusahaan tersebut meliputi pendanaan, perencanaan teknik, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian, dan pemeliharaan jalan tol.

PT Jakarta Metro Ekspressway yang akan membangun, mengoperasikan dan merawat jalan tol layang ini, merupakan gabungan dari tiga perusahaan publik yang bergerak dalam bidang infrastruktur dan jalan tol. Gabungan tiga emiten ini diharapkan menampilkan kinerja yang baik buat seluruh stakeholder termasuk penggunaan jalan tol dan investor pemegang saham ketiga emiten di atas.

Check Also

Pertamina Patra Niaga Berhasil Penuhi Kebutuhan Avtur Selama Musim Haji 2024.

MarketNews.id- Pertamina Patra Niaga berhasil penuhi kebutuhan penerbangan haji di 13 bandara yang melayani penerbangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *