Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) Berutang Pada Anak Usaha Untuk Kuasai Anak Usaha Lainnya.

Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) Berutang Pada Anak Usaha Untuk Kuasai Anak Usaha Lainnya.

MarketNews.id Lazimnya, induk usaha memberikan atau menopang anak usaha. Berbeda yang terjadi di PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) sebagai induk usaha justru berhutang pada PT Humpuss Transportasi Kimia Senilai Rp 1,2 triliun untuk membeli 89,99 persen saham PT Humpuss Maritim Internasional. Tujuan dari pengambilan saham ini untuk mempercepat proses transformasi PT Humpuss Maritim Internasional jadi perusahaan distribusi energi dan infrastruktur, serta ekosistem kepelabuhan.

PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS), memutuskan untuk berutang kepada anak usahanya, PT Humpuss Transportasi Kimia, dalam upaya menguasai 89,998 persen saham PT Humpuss Maritim Internasional senilai Rp1,2 triliun.

Berdasarkan keterbukaan informasi HITS yang dipublikasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 20 Januari 2023, transaksi afiliasi pengalihan saham itu dilakukan melalui jual-beli saham milik Humpuss Transportasi Kimia di Humpuss Maritim Internasional kepada HITS.

“Humpuss Transportasi Kimia mengalihkan kepemilikan sahamnya kepada perseroan sejumlah 1.227.123.000.000 lembar senilai Rp1,2 triliun dan perseroan mengakui jual-beli saham tersebut sebagai utang HITS kepada Humpuss Transportasi Kimia,” tulis manajemen HITS dalam keterbukaan informasi perseroan yang ditandatangani Direktur Utama HITS, Tonny Aulia Achmad.


Dengan adanya transaksi afiliasi yang bersifat material tersebut, maka HITS menjadi pemegang saham Humpuss Maritim dengan pengendalian langsung sebanyak 13.805.175.000 atau setara 89,998 persen dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh pada Humpuss Maritim.

“Tujuan dari transaksi ini untuk membantu mempercepat proses transformasi Humpuss Maritim Internasional menjadi perusahaan distribusi energi dan infrastruktur, serta ekosistem kepelabuhan,” sebut Tonny.

Check Also

Pasar Modal Indonesia Donasikan Ambulan Dan Alat Kesehatan Buat Kabupaten Aceh Besar

MarketNews.id Self-Regulatory Organization (SRO) yang terdiri dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *