Home / Otoritas / Bank Indonesia / BI : Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Kembali Naik Di Bulan April 2022 Jadi 113,1 Poin

BI : Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Kembali Naik Di Bulan April 2022 Jadi 113,1 Poin

Marketnews.id Optimisme masyarakat akan semakin baiknya perekonomian tercermin dari survei yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) di beberapa kota besar.

Meningkatnya Indek Keyakinan Konsumen (IKK) hingga dua poin dibanding bulan Maret 2022 jadi indikasi berkaitan dengan persepsi masyarakat terhadap penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja dan pembelian barang tahan lama. Sedangkan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap berada di level optimis.

Hasil survei Bank Indonesia (BI) mengungkapkan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) periode April 2022 berada di posisi 113,1 poin. Level ini naik dibandingkan dengan periode bulan sebelumnya di posisi 111.


Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, bahwa pada April 2022 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat.

Peningkatan IKK terpantau pada mayoritas kategori pengeluaran, kelompok usia, serta kategori pendidikan responden.


“Secara spasial, kenaikan IKK terjadi di sebagian besar kota cakupan survei, terbesar di kota Bandar Lampung, diikuti kota Samarinda dan Denpasar,” ujar Erwin dalam keterangannya, Rabu 11 Mei 2022.


Dijelaskan bahwa keyakinan konsumen pada April 2022 yang meningkat didorong oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini.

Peningkatan tersebut berkaitan dengan persepsi terhadap penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja, dan pembelian barang tahan lama (durable goods) yang meningkat.


“Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap berada di level optimis (indeks >100) meskipun tidak setinggi bulan sebelumnya, ditopang terutama oleh ekspektasi penghasilan,” pungkasnya.

Check Also

Antisipasi Kebutuhan Idulfitri, Pertamina Tambah 7,36 Juta Tabung LPG 3 Kilo.

MarketNews.id Pertamina melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga, telah menambah pasokan LPG 3 kilogram …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *