Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk Siapkan Capex Rp 11 Triliun Di 2022

PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk Siapkan Capex Rp 11 Triliun Di 2022

Marketnews.id PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) sepanjang tahun 2022 mendatang akan menyiapkan anggaran buat modal kerja sekitar Rp 11 triliun. Dana tersebut rencananya akan diperoleh lewat peminjaman perbankan atau penerbitan obligasi di pasar modal Indonesia.

Sebagian besar dana tersebut akan digunakan untuk membangun jalan tol Cileunyi-Sumedang- Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 60,1 Km. Pengelola jalan tol swasta pertama ini optimistik dapat menyelesaikan pembangunan tol Cisumdawu tepat waktu.

Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) berencana mengalokasikan belanja modal (capex) sebesar Rp11 triliun, yang sebagian sumber dananya akan diperoleh melalui pasar modal maupun perbankan.


Menurut Direktur CMNP, Hasyim, usai pelaksanaan Public Expose di Jakarta, Rabu, 15 Desember 2021, sebagian sumber dana untuk memenuhi kebutuhan belanja modal tersebut akan berasal dari penerbitan HMETD atau penawaran obligasi maupun pinjaman sindikasi perbankan.


“Untuk penerbitan obligasi atau HMETD, kami masih mencermati kondisi pasar. Tetapi, saat ini kami sedang fokus ke perbankan dan sudah ada beberapa bank yang kami dekati. Kemungkinan pinjamannya sebelum Juni 2022,” ujar Hasyim.


Lebih jauh Hasyim menyebutkan, rencana pinjaman sindikasi perbankan tersebut bisa mencapai Rp5,5 triliun, karena utang CMNP di bank sudah lunas tahun ini. Hasyim mengatakan, sebagian sumber dana capex lainnya akan berasal dari kas internal perseroan.


Dia memperkirakan, total ekuitas CMNP per 31 Desember 2021 bisa mencapai Rp10,65 triliun, bahkan per akhir Desember 2022 bisa Rp17,4 triliun. CMNP memprediksikan, total liabilitas perseroan hingga akhir 2022 akan mencapai Rp11,57 triliun atau mengalami kenaikan dari proyeksi liabilitas per akhir 2021 sebesar Rp5,5 triliun.


Lebih lanjut dia mengungkapkan, kebutuhan capex hingga mencapai Rp11 triliun tersebut untuk mendukung proyek pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang memiliki panjang 60,1 kilometer dan proyek Tol Harbour Road II (HBR II) sepanjang 9,6 kilometer.

Check Also

Pelita Air Tambah Rute Baru Penerbangan Langsung Jakarta-Kendari-Jakarta Setiap Hari

MarketNews.id PT Pertamina (Persero) terus mendorong anak usahanya untuk agresif meningkatkan value perusahaan. Vice President …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *