Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / Bursa Efek Indonesia (BEI) Akan Luncurkan Dua Indeks Baru Pada Akhir Desember 2021

Bursa Efek Indonesia (BEI) Akan Luncurkan Dua Indeks Baru Pada Akhir Desember 2021

Marketnews.id Jumlah indeks saham di Bursa Efek Indonesia BEI dalam waktu dekat akan kembali bertambah jumlahnya. Secara total saat ini sudah ada 11 indeks saham di BEI yang dapat jadi acuan investor untuk lakukan Investasi. Semakin banyak indeks semakin beragam pula kriteria investasi sesuai dengan tuntutan investor.

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Kehati) akan meluncurkan dua indeks baru berbasis environment, social, and good governance (ESG) pada 20 Desember 2021 mendatang.


“Pada Senin, 20 Desember 2021, BEI kembali bersama Yayasan Kehati berencana untuk meluncurkan dua indeks baru yang berbasis ESG, yaitu Indeks ESG Sector Leaders IDX Kehati dan Indeks ESG Quality 45 IDX Kehati,” kata Direktur BEI, Hasan Fauwzi dalam kegiatan Edukasi Wartawan di Jakarta, Selasa, 7 Desember 2021.


Hasan berharap, nantinya kedua indeks baru ini bisa menjadi acuan dan sebagai alternatif pembentukan produk investasi berbasis indeks-indeks baru tersebut.

“Seperti, nantinya kami harapkan akan ada reksa dana baru berbasis indeks-indeks ini maupun ETF baru yang berbasis indeks-indeks ini,” tuturnya.


Dengan demikian, jelas Hasan, nantinya para investor bisa lebih mudah dalam berinvestasi pada saham-saham terpilih yang sudah menerapkan aspek investasi bertanggung jawab dan praktik ESG yang baik. “Tentu dalam jangka panjang, indeks-indeks baru ini bisa terus berkontribusi bagi perkembangan pasar modal,” kata Hasan.


Sejauh ini BEI memiliki dua indeks bertema ESG, yakni Indeks Sustainable and Responsible Investment (SRI)-Kehati yang diluncurkan pada Juni 2009 dan Indeks IDX ESG Leaders pada Desember 2020. Semakin banyak indeks saham semakin beragam pula investor memiliki pilihan terhadap saham atau emiten.

Check Also

OJK Minta Perbankan Percepat Pembentukan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN)

Marketnews.id Perlahan tapi pasti, kinerja perbankan nasional sejak hadirnya pendemi Covid-19 dua tahun lalu berangsur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *