Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / BEI Kembali Rilis Dua Indeks Saham Berbasis Enviroment, Social, and Governance

BEI Kembali Rilis Dua Indeks Saham Berbasis Enviroment, Social, and Governance

Marketnews.id Komitmen Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk terus mendukung pencapaian berkelanjutan dengan mempromosikan investasi berbasis ESG, mendorong produk berbasis ESG dan menyediakan Indeks berbasis ESG kembali dikuatkan dengan diluncurkan dua indeks saham berbasis ESG. Dengan peluncuran indeks baru ini, diharapkan dapat kembali menciptakan sejumlah produk ETF dan Reksadana bertema ESG.

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berharap, peluncuran dua indeks baru berbasis environment, social, and good governance (ESG) pada hari ini bisa kembali menciptakan sejumlah produk ETF dan reksa dana bertema ESG.


Sesuai rencana BEI sebelumnya, hari ini otoritas pasar modal meluncurkan dua indeks baru berbasis ESG, yakni ESG Sector Leaders IDX KEHATI dan ESG Quality 45 IDX KEHATI. Kedua indeks ini merupakan kerjasama BEI dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati (Kehati).


“Di masa yang akan datang, indeks-indeks ini dapat dijadikan acuan bagi penciptaan produk investasi berbasis indeks ESG, seperti reksa dana indeks maupun ETF. Sehingga, produk ini dapat memberikan kemudahan bagi investor yang ingin berinvestasi pada saham perusahaan dengan praktik ESG yang baik,” papar Direktur Utama BEI, Inarno Djajadi di Jakarta, Senin, 20 Desember 2021.


Dia mengungkapkan, reksa dana dan ETF indeks berbasis ESG di Indonesia memiliki pertumbuhan yang sangat besar, sejak kali pertama diluncurkan pada 2014. “Jumlah produk dan besaran dana yang dikelola reksa dana dan ETF bertema ESG mengalami lonjakan drastis,” tegas Inarno.


Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kata Inarno, per akhir Oktober 2021 terdapat 15 produk reksa dana dan ETF pasif atas indeks saham bertema ESG, dengan nilai dana mencapai Rp3,38 triliun atau meningkat 362 persen dibanding tiga tahun sebelumnya.


“Saat ini investasi berbasis ESG telah menjadi perhatian utama di pasar keuangan. Investor dan Manajer Investasi mulai menerapkan aspek-aspek investasi bertanggung jawab dalam menyusun portofolionya,” ujar Inarno.


Perlu diketahui, Indeks ESG Sector Leaders IDX KEHATI berisikan saham-saham dengan hasil penilaian kinerja ESG di atas rata-rata sektornya, serta memiliki likuiditas yang baik dengan klasifikasi industri yang mengacu pada IDX Industrial Classification (IDX-IC).


Sementara itu, indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI mengukur 45 saham terbaik dari hasil penilaian kinerja ESG dan kinerja keuangan perusahaan, serta memiliki likuiditas yang baik.


Inarno menambahkan, sebelumnya BEI juga sudah memiliki dua indeks bertema ESG, yakni Indeks Sustainable and Responsible Investment (SRI)-Kehati yang diluncurkan pada Juni 2009 dan Indeks IDX ESG Leaders pada Desember 2020.


“BEI berkomitmen untuk terus membuat pencapaian berkelanjutan, yaitu dengan mempromosikan investasi berbasis ESG, mendorong produk berbasis ESG dan menyediakan indeks-indeks berbasis ESG,” katanya.

Check Also

OJK Minta Perbankan Percepat Pembentukan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN)

Marketnews.id Perlahan tapi pasti, kinerja perbankan nasional sejak hadirnya pendemi Covid-19 dua tahun lalu berangsur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *