Home / Otoritas / Bank Indonesia / Survai BI : Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) September Naik Dari 77,3 Poin Jadi 95,5 Poin.

Survai BI : Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) September Naik Dari 77,3 Poin Jadi 95,5 Poin.

Marketnews.id Meningkatnya mobilitas masyarakat diikuti dengan dilonggarkan nya PPKM berdampak pada meningkatnya Indeks Keyakinan Konsumen (IKK). Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi mendatang terpantau pada area optimistik. Bila keadaan ini terus berlanjut tanpa ada kendala, perekonomian akan bergerak dan tumbuh positif.

Hasil survei Bank Indonesia (BI) tentang Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) periode September 2021 mencapai 95,5 poin, meningkat dari 77,3 poin pada bulan sebelumnya.


Peningkatan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi Indonesia dipengaruhi oleh membaiknya mobilitas masyarakat, sejalan dengan pelonggaran kebijakan pembatasan mobilitas pada periode survei.


“Peningkatan IKK terjadi pada seluruh kategori pengeluaran, tingkat pendidikan, dan kelompok usia. Secara spasial, IKK meningkat di seluruh kota yang disurvei, tertinggi di kota Pontianak, diikuti Bandung dan Makassar,” ungkap Kepala Grup Departemen Komunikasi BI,Muhamad Nur dalam keterangannya, Jumat, 8 Oktober 2021.


Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi mendatang terpantau berada pada area optimis (>100). Penguatan ekspektasi konsumen didukung oleh kenaikan pada seluruh aspek pembentuknya. Yaitu ekspektasi penghasilan, ekspektasi ketersediaan lapangan kerja, dan ekspektasi kegiatan usaha.


“Optimisme terhadap kondisi ekonomi mendatang ini didorong oleh perbaikan mobilitas sejalan dengan relaksasi kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat,” ujarnya.

Check Also

Task Force Energy, Sustainability & Climate B 20 Gerak Cepat Sukseskan G20

Marketnews.id Dalam rangka memperkuat peran Indonesia sebagai Presidensi Group of Twenty (G20), The Business 20 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *