Home / Otoritas / Bank Indonesia / BI : Pertumbuhan Kredit Di Triwulan II Tumbuh Positif. Akhir Tahun Diprediksi Capai 6,3 Persen

BI : Pertumbuhan Kredit Di Triwulan II Tumbuh Positif. Akhir Tahun Diprediksi Capai 6,3 Persen

Marketnews.id Hampir seluruh jenis kredit sepanjang triwulan kedua tahun ini mengalami pertumbuhan positif. Kredit modal kerja, termasuk kredit yang tertinggi nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT). Urutan kedua dan seterusnya ada pada kredit konsumsi dan kredit investasi dengan SBT 31,3 persen dan 13,3 persen.

Bank Indonesia (BI) menyatakan pertumbuhan kredit pada triwulan II 2021 secara triwulanan (qtq) tumbuh positif, tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) permintaan kredit baru sebesar 53,9 persen.


Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, mengatakan berdasarkan jenis penggunaan, pertumbuhan kredit baru terindikasi terjadi pada seluruh jenis kredit. Yang tertinggi pada kredit modal kerja dengan SBT 45 persen. Kemudian diikuti oleh kredit konsumsi dan kredit investasi dengan SBT masing-masing sebesar 31,3 persen dan 13,3 persen.


“Pada triwulan III 2021 penyaluran kredit baru diperkirakan meningkat, terlihat dari SBT perkiraan penyaluran kredit baru sebesar 87,1 persen atau lebih tinggi dibandingkan 53,9 persen pada triwulan II 2021. Peningkatan tersebut akan didorong oleh kredit modal kerja, diikuti oleh kredit konsumsi dan kredit investasi,” kata Erwin dalam keterangannya, Senin (19/7).


Standar penyaluran kredit pada triwulan III 2021 diperkirakan tidak seketat periode sebelumnya. Hal itu terindikasi dari Indeks Lending Standard (ILS) sebesar 0,3 persen atau lebih rendah dibandingkan dengan 1,2 persen pada triwulan sebelumnya.

Aspek kebijakan penyaluran yang diperkirakan tidak seketat triwulan sebelumnya antara lain plafon kredit, jangka waktu kredit, perjanjian kredit, dan agunan.


“Perkiraan pertumbuhan kredit pada 2021 sebesar 6,3 persen (yoy). Optimisme tersebut antara lain didorong oleh kondisi moneter dan ekonomi, serta relatif terjaganya risiko penyaluran kredit,” pungkas dia.

Check Also

Task Force Energy, Sustainability & Climate B 20 Gerak Cepat Sukseskan G20

Marketnews.id Dalam rangka memperkuat peran Indonesia sebagai Presidensi Group of Twenty (G20), The Business 20 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *