Marketnews.id Dalam menjalan roda bisnis, banyak aspek yang harus dimiliki oleh sebuah badan usaha agar tujuan bisnis dapat tercapai. Dari sekian banyak aspek, sumber daya manusia (SDM) salah satu faktor kunci setelah teknologi. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) meraih dua penghargaan pada ajang HR Excellence 2021.
Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN), meraih dua penghargaan berbasis keunggulan sumber daya pegawai yang sejalan dengan visi bank pelat merah ini untuk menjadi Home of Indonesia’s Best Talent pada 2025.
Menurut Direktur Utama Bank BTN, Haru Koesmahargyo dalam siaran pers yang dikirim melalui surat elektronik, Rabu (14/7), BBTN meraih dua pengahargaan di ajang HR Excellence 2021 sebagai ganjaran positif bagi perseroan yang berupaya mencapai visi Home of Indonesia’s Best Talent.
Haru menyatakan, dua penghargaan itu menjadi semangat baru bagi Bank BTN. “Kami berterima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada Bank BTN. Kami akan terus berupaya menjadikan BTN sebagai rumah yang nyaman bagi talenta terbaik, sehingga dapat menyediakan rumah bagi seluruh masyarakat,” tutur Haru.
Lebih jauh Haru menyebutkan, per akhir Desember 2020, produktivitas pegawai Bank BTN tercatat meningkat 699 persen (year-on-year), sedangkan employee engagement tercatat mengalami kenaikan menjadi 88 persen di akhir 2020 dari 85 persen per 31 Desember 2019.
BBTN meraih dua predikat AA pada kategori Reward Management & Talent Retention dan HR Digitalization & People Analytics. Dua penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas tiga strategi utama Bank BTN, yakni Continuous EVP Campaign & Recruitment Process Improvement, Rewards Management & Talent Retention, serta Integrity & Integrasi Data Analytic untuk Penguatan People Analytics.
Melalui tiga strategi tersebut, ungkap Haru, beberapa hal telah dilakukan BTN, seperti menciptakan karyawan dan keluarga yang sejahtera, mempersingkat proses rekrutmen tanpa menghilangkan kualitas, mengimplementasikan proses rekrutmen spesialis dengan sepuluh universitas, hingga rekrutmen secara digital.
Selain itu, BBTN juga terus melakukan penyesuaian remunerasi, fokus pada pengembangan karyawan dan berupaya memberikan penghargaan kepada pegawai secara optimal.
“Kami juga tetap berlandaskan pada nilai-nilai AKHLAK (pedoman budaya kerja Kementerian BUMN yang merupakan singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) untuk menciptakan budaya kerja yang baik, efisien dan produktif di Bank BTN,” tutur Haru.