Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / Pefindo Kasih Rating “idA ” Buat Obligasi PT Indomobil Finance Indonesia Dengan Prospek Stabil

Pefindo Kasih Rating “idA ” Buat Obligasi PT Indomobil Finance Indonesia Dengan Prospek Stabil

Marketnews.id Obligasi PT Indomobil Finance Indonesia yang akan jatuh tempo pada pertengahan Agustus 2021 mendatang, mendapat rating idA dengan prospek stabil. Dengan rating ini, PT Indomobil Finance Indonesia mampu untuk melunasi kewajibannya kepada pemegang obligasi berkelanjutan IV Tahap I Tahun 2020 seri A.

Obligasi PT Indomobil Finance Indonesia memperoleh peringkat idA dengan prospek stabil dari PT Pemeringkat Efek Indonesia atau Pefindo.

Analis Pefindo Handhayu Kusumowinahyu dan Kreshna Dwinanta Armand menilai, Obligasi Berkelanjutan IV Tahap I Tahun 2020 Seri A dari Indomobil layak mendapatkan peringkat idA. Riwayat peringkatnya pun stabil sejak tahun lalu.

Obligasi senilai Rp229 miliar tersebut akan jatuh tempo pada dua bulan ke depan, yakni 14 Agustus 2021. Peringkat idA disematkan Pefindo karena Indomobil dinilai memiliki kondisi kas yang memadai.


Handhayu dan Kreshna menjelaskan bahwa Indomobil akan melunasi obligasi tersebut dengan menggunakan kas dan setara kas senilai Rp848,7 miliar. Lalu perseroan pun dapat menggunakan rata-rata penerimaan cicilan piutang bulanan senilai Rp598,8 miliar dan fasilitas kredit yang belum ditarik senilai Rp2,4 triliun.

“Efek utang dengan peringkat idA mengindikasikan bahwa kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas efek utang tersebut, dibandingkan dengan obligor Indonesia lainnya di Indonesia, adalah kuat,” tulis Handhayu dan Dwinanta dalam keterangan resmi yang dikutip pada Jumat (18/6/2021).

Meskipun begitu, keduanya menilai bahwa kemampuan obligor mungkin akan terpengaruh oleh perubahan buruk keadaan dan kondisi ekonomi, jika dibandingkan dengan efek utang yang peringkatnya lebih tinggi.

Hingga kuartal I/2021, Indomobil Finance mencatatkan total aset Rp13,7 triliun dengan ekuitas Rp1,92 triliun. Perseroan tercatat membukukan laba Rp40 miliar.

Check Also

Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) Raih Kenaikan Laba Bersih Di 2021 Jadi Rp 3,03 Triliun

Marketnews.is Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) catat debut pertamanya setelah merger dengan bank syariah milik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *