Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / Listing Dan Perdagangan Perdana LABA Dan TRUE Langsung Kena Autorejection Atas

Listing Dan Perdagangan Perdana LABA Dan TRUE Langsung Kena Autorejection Atas

Marketnews.id Perdagangan perdana dua emiten baru yakni PT Ladangbaja Murni Tbk (LABA) dan PT Triniti Dinamik Tbk (TRUE) harga sahamnya langsung menyentuh batas atas masing masing meningkat 34,4 persen dan 35 persen hingga kena Autorejection atas.

Saat memulai transaksi perdana pada pembukaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini (10/6), harga saham PT Ladangbaja Murni Tbk (LABA) dan PT Triniti Dinamik Tbk (TRUE) yang dicatatkan di Papan Pengembangan langsung bergerak menguat optimal ke titik autorejection atas (ARA).


Saham LABA yang ditawarkan Rp125 per lembar tersebut langsung menguat 34,4 persen ke level Rp168 per lembar, dengan volume transaksi sebanyak 3.944 lot. Sehingga, nilai transaksi di awal perdagangan hari ini tercatat senilai Rp66,26 juta.


Sedangkan, saham TRUE yang ditawarkan Rp100 per lembar langsung mengalami penguatan sebesar 35 persen ke level Rp135 per lembar, dengan volume transaksi sebanyak 27 lot. Sehingga, nilai transaksi di awal perdagangan hari ini tercatat senilai Rp364.500.


Pada pelaksanaan penawaran umum perdana saham (IPO), LABA sebagai emiten ke-19 di 2021 ini menawarkan saham kepada publik sebanyak 200 juta lembar atau setara dengan 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.


Sementara itu, TRUE sebagai emiten ke-20 di 2021 menawarkan saham kepada masyarakat sebanyak 1.513.970.000 lembar atau setara dengan 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Saat penawaran umum, saham TRUE mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak 201,09 kali dari porsi penjatahan terpusat (pooling).


Melalui aksi korporasi ini LABA bisa meraup dana masyarakat sebesar Rp25 miliar, sedangkan TRUE mampu menghimpun Rp151,4 miliar. Pada pelaksanaan IPO, manajemen LABA menunjuk PT Indo Capital Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek, sedangkan TRUE menunjuk PT UOB Kay Hian Sekuritas.


Rencananya, sebesar 50 persen dari dana hasil IPO yang diperoleh LABA akan dimanfaatkan untuk modal kerja, dan selebihnya akan digunakan untuk belanja modal (capex). Sementara itu, TRUE akan menggunakan dana hasil IPO untuk pelunasan utang pembelian ruang kantor di APL Tower Jakarta senilai Rp22,8 miliar, dan senilai Rp91 juta untuk pembayaran sebagian pembelian lahan di Batam.


Selain menerbitkan saham, LABA dan TRUE juga menerbitkan masing-masing sebanyak 280 juta dengan dan 1.513.970.000 Waran Seri I yang menyertai Saham Baru kedua emiten tersebut. Harga pelaksanan waran masing-masing Rp150 dan Rp125 per unit. Adapun rasio waran LABA adalah 5:7 dan waran TRUE 1:1.

Check Also

BI Teken Kerjasama Dengan Otoritas Moneter Singapura Untuk Tangkal Money Laundry Dan Inovasi Pembayaran

Marketnews.id Kerjasama antara Bank Sentral Indonesia (BI) dan Monetery Authority of Singapore (MAS) semakin intens …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *