Home / Otoritas / Bank Indonesia / BI : Peningkatan Permintaan Kredit Baru AkanTerjadi Di Kuartal II 2021

BI : Peningkatan Permintaan Kredit Baru AkanTerjadi Di Kuartal II 2021

Marketnews.id Bank Indonesia (BI), memprediksi laju peningkatan permintaan kredit akan mulai bertambah di triwulan kedua tahun ini. Indikasi akan terjadinya peningkatan kredit sudah terlihat dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru mencapai sebesar 93,3 persen dari sebelumnya sebesar 30,4 persen pada triwulan pertama 2021. Selain itu, standar penyaluran kredit pada triwulan kedua diperkirakan tidak seketat di triwulan pertama. Indikasinya juga terlihat dari Indeks Landing Standard (ILS) yang lebih rendah.

Bank Indonesia (BI) memperkirakan, penyaluran kredit baru akan meningkat pada triwulan II 2021. Hal ini terindikasi dari SBT penyaluran kredit baru sebesar 93,3 persen atau meningkat dari 30,4 persen pada triwulan I 2021, didorong kredit konsumsi, diikuti oleh kredit modal kerja, dan kredit investasi.


Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, mengatakan hal itu dalam rilisnya, Rabu (21/4).
Menurut Erwin, standar penyaluran kredit pada triwulan II 2021 diperkirakan tidak seketat periode sebelumnya. Hal itu terindikasi dari Indeks Lending Standard (ILS) sebesar 2,8 persen sedikit lebih rendah dibandingkan dengan 4 persen pada triwulan sebelumnya.


“Aspek kebijakan penyaluran juga kami perkirakan tidak seketat triwulan sebelumnya antara lain untuk premi kredit berisiko, agunan, dan persyaratan administrasi,” ujar Erwin dalam keterangannya, Rabu (21/4).


Dari hasil survei itu BI tetap optimis terhadap pertumbuhan kredit untuk keseluruhan tahun 2021. Sepanjang tahun ini diperkirakan pertumbuhan kredit sebesar 6 persen (yoy).
“Optimisme tersebut antara lain didorong oleh kondisi moneter dan ekonomi, serta relatif terjaganya risiko penyaluran kredit,” pungkas dia.

Check Also

Kontrak Baru PT PP (Persero) Tbk Hingga Mei Capai Rp 6,7 Triliun

Marketnews.is Buat perusahaan kontruksi, kontrak baru merupakan prioritas yang harus dikejar agar perusahaan terus mendapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *