Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / PT Indofood CBP Beli Semua Saham IFL Di Tritoli Senilai Rp 494 Miliar

PT Indofood CBP Beli Semua Saham IFL Di Tritoli Senilai Rp 494 Miliar

Marketnews.id PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk telah merampungkan proses pembelian seluruh saham PT Indofood Fritolay Makmur yang dimiliki oleh PT Indofood Fritolay Netherlands BV (IFL) sebanyak 49 persen senilai Rp 494 Miliar. Pembelian saham ini juga mengakhiri perjanjian lisensi dengan PepsiCo Inc setelah IFL menuntaskan semua proses persiapan penghentian produksi dan penjualan produk merk milik PepsiCo.

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) telah merampungkan pembelian seluruh saham PT Indofood Fritolay Makmur (IFL) yang dimiliki Fritolay Netherlands BV, afiliasi dari PepsiCo Inc (PepsiCo).


IFL merupakan perusahaan patungan (joint venture) antara PepsiCo dan ICBP yang bergerak di bidang makanan dan minuman ringan.


Adapun berdasarkan keterbukaan informasi, Rabu (17/6), ICBP membeli sebesar 49% dari total seluruh saham yang telah diterbitkan IFL dengan nilai transaksi Rp 494 miliar yang akan didanai oleh kas internal perseroan.


Menurut Corporate Secretary ICBP, Gideon A Putro, dilakukannya transaksi tersebut, IFL akan mengakhiri perjanjian lisensi dengan PepsiCo Inc setelah IFL menuntaskan semua proses persiapan penghentian produksi dan penjualan produk merk milik PepsiCo. Aksi korporasi tersebut harus diselesaikan dalam waktu 6 bulan sejak dilakukan transaksi.


“Fritolay, PepsiCo dan pihak afiliasi lainnya tidak boleh memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan, atau mendistribusikan produk makanan ringan apapun di Indonesia yang bersaing dengan produk IFL selama 3 tahun sejak berakhirnya masa transisi,” jelas Gideon.


Pembelian saham tersebut membuat kepemilikan saham perseroan dalam IFL bertambah dari semula 15% menjadi 99,99% dari total seluruh saham yang diterbitkan IFL . Adapun aksi ini bukan merupakan transaksi material dan bukan transaksi afiliasi sesuai POJK nomor 17/POJK.17/2020 dan nomor 42/POJK.42/2020.


Sementara itu pihak, PepsiCo menyampaikan persetujuan atas penjualan saham minoritasnya di PT IFL. “IFL akan menghentikan produksi, pengemasan, pemasaran, penjualan dan pendistribusian produk PepsiCo di Indonesia pada Agustus 2021,” jelasnya.


Kendati tidak dapat bersaing dengan IFL selama tiga tahun sejak Agustus 2021, PepsiCo menilai Indonesia memiliki prospek industri makanan ringan yang kuat dan akan terus menjadi bagian penting dari strategi pertumbuhan perseroan.


Ke depannya, PepsiCo akan terus menawarkan produk Quaker Oat di Indonesia dan berharap bisa kembali dengan produk lain seperti Lays, Doritos, dan Cheetos sesegera mungkin.

Check Also

BI Teken Kerjasama Dengan Otoritas Moneter Singapura Untuk Tangkal Money Laundry Dan Inovasi Pembayaran

Marketnews.id Kerjasama antara Bank Sentral Indonesia (BI) dan Monetery Authority of Singapore (MAS) semakin intens …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *