Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / Pefindo Tetapkan Rating AAA Buat Sukuk Bank CIMB Niaga Tbk Seri A Rp322 Miliar

Pefindo Tetapkan Rating AAA Buat Sukuk Bank CIMB Niaga Tbk Seri A Rp322 Miliar

Marketnews.id PT Bank CIMB Niaga Tbk mendapat rating AAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) untuk Sukuk Seri A senilai Rp 322 miliar. Sukuk ini merupakan bagian dari penerbitan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Tahap III-2020 dengan nilai emisi mencapai Rp 1 triliun.

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), menetapkan peringkat idAAA(sy) untuk Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Tahap III-2020 Seri A sebesar Rp322 miliar yang diterbitkan PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA), dengan tenor 370 hari.


Berdasarkan pengumuman Pefindo yang dipublikasi di Jakarta, Rabu (3/2), sukuk Seri A tersebut akan jatuh tempo pada 7 April 2021. Sebagaimana diketahui, Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Tahap III-2020 tersebut memiliki tingkat nisbah sebesar 14,5 persen dari pendapatan yang dibagihasilkan dengan indikasi bagi hasil sebesar ekuivalen 5,8 persen per tahun.


“Kesiapan BNGA untuk membayar obligasi yang akan jatuh tempo tersebut didukung oleh penempatan pada Bank Indonesia (BI) sebesar Rp25,1 triliun per 30 November 2020,” demikian disebutkan dalam pengumuman Pefindo.


Pefindo menjelaskan, instrumen pendanaan syariah dengan peringkat idAAA(sy) merupakan instrumen dengan peringkat paling tinggi yang diberikan oleh Pefindo. Kemampuan emiten ini untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas kontrak pendanaan syariah dibandingkan emiten Indonesia lainnya adalah superior.


Sukuk Seri A tersebut merupakan bagian dari dari penerbitan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Tahap III-2020 dengan nilai emisi mencapai Rp1 triliun. Untuk Seri B bernilai Rp287 miliar dan Seri C senilai Rp391 miliar. Adapun total target dana yang akan dihimpun BNGA melalui penerbitan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I mencapai Rp4 triliun.

Check Also

BI Teken Kerjasama Dengan Otoritas Moneter Singapura Untuk Tangkal Money Laundry Dan Inovasi Pembayaran

Marketnews.id Kerjasama antara Bank Sentral Indonesia (BI) dan Monetery Authority of Singapore (MAS) semakin intens …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *