Home / Otoritas / Bank Indonesia / Anggaran Buat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Berkurang Di 2021

Anggaran Buat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Berkurang Di 2021

Marketnews.id Berbagai skenario sudah dirancang oleh pemerintah dalam menghadapi pelaksanaan pembangunan di 2021 mendatang, dengan asumi pendemi Covid-19 masih berlangsung. Salah satu antisipasi pemerintah adalah dengan mempertahankan anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bagaimanakah rinciannya.

Pemerintah telah mematok anggaran tambahan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021 sebanyak Rp 15,8 triliun. Keputusan ini pun sudah disepakati oleh Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI).

Setali tiga uang, anggaran program PEN tahun depan menjadi Rp 372,3 triliun atau naik 4,4% dari pagu sebelumnya sebesar Rp 356,5 triliun yang ditetapkan dalam Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2021 di pertengahan bulan lalu.

Angka tersebut lebih rendah 53,55% dari pagu anggaran PEN di tahun ini yang sebesar Rp 685,2 triliun. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, tambahan pagu program PEN 2021 untuk cadangan belanja. 

Namun, dirinya belum merinci uang rakyat tersebut akan digunakan untuk tambahan program atau menambah pagu program yang sudah ada. Yang jelas dalam pagu PEN 2021 yang ditetapkan sebelumnya, akan tersebar ke dalam enam program. 

Pertama, anggaran kesehatan sebesar Rp 25,4 triliun, Kedua, perlindungan sosial Rp 110,2 triliun. Ketiga, sektoral, pemerintah daerah, dan Kementerian/Lembaga (K/L) Rp 136,7 triliun.

Keempat, dukungan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Rp 48,8 triliun. Kelima, pembiayaan korporasi Rp 14,9 triliun. Keenam, insentif usaha dalam bentuk perpajakan senilai Rp 20,4 triliun.

“Kami laksanakan sesuai amanat yang pastinya ditaruh dalam RUU APBN 2021. Sehingga pemerintah tetap bisa jalankan tugasnya namun pada saat yang sama diberikan keleluasaan oleh DPR di dalam menjaga ketidakpastian itu melalui respon anggaran kami,” kata Sri Mulyani dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Banggar DPR RI, Jumat (11/9).

Check Also

Pertamina Patra Niaga Berhasil Penuhi Kebutuhan Avtur Selama Musim Haji 2024.

MarketNews.id- Pertamina Patra Niaga berhasil penuhi kebutuhan penerbangan haji di 13 bandara yang melayani penerbangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *