Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / PT Sariguna Primatirta Luncurkan Kemasan Ramah Lingkungan

PT Sariguna Primatirta Luncurkan Kemasan Ramah Lingkungan

Marketnews.id Kepedulian terhadap lingkungan bisa diwujudkan dengan banyak cara. Buat dunia usaha yang selama ini menggunakan plastik sebagai bahan kemasan, dapat menggantikan kemasan dari bahan yang ramah lingkungan atau bahkan mengganti plastik dengan kemasan lainnya. PT Sariguna Primatirta Tbk produsen minuman dalam kemasan, saat ini mengganti kemasan plastik dengan bahan ramah lingkungan.

PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO), meluncurkan varian produk baru dengan kemasan ramah lingkungan bernama Cleo Ecogreen. Peluncuran produk tersebut merupakan salah satu bentuk kontribusi perusahaan dalam memberi kontribusi positif bagi lingkungan.


Vire President Director Sariguna Primatirta Melisa Patricia mengatakan, permasalahan plastik masih menjadi persoalan yang dihadapi bersama. Pada tahun 2019 saja, Indonesia tercatat memproduksi 3,2 juta ton sampah plastik. 87% di antaranya mencemari lautan akibat tidak terkelola dengan baik. “Cleo Ecogreen hadir sebagai hadiah bagi Indonesia dan bentuk kepedulian kami dalam mendukung program pemerintah mengurangi limbah plastik,” kata Melisa dalam keterangan tertulis.


Setiap botol Cleo Ecogreen diklaim terbuat dari 100% plastik rPET yang merupakan hasil daur ulang dengan standar food grade dari FDA dan BBKK . Untuk bahan baku, CLEO bekerja sama dengan SOKA yang juga merupakan anak perusahaan dari Tancorp Group.


SOKA merupakan perusahaan pengolahan plastik yang mendaur ulang plastik limbah menjadi rPET. Kualitas rPET yang dihasilkan diklaim setara dengan biji plastik murni.


Melisa berujar, CLEO ingin mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam mengelola bekas kemasan plastik sekali pakai untuk mengurangi pencemaran lingkungan.”Mari kita lakukan perubahan kebiasaan untuk menyelamatkan alam Indonesia. Kita mulai dengan mengonsumsi Cleo Ecogreen, karena berarti anda telah ikut serta dalam mengurangi limbah plastik,” kataMelisa.


Bagaimana kinerja keuangan perseroan. Sepanjang Januari-Juni 2020 lalu, penjualan bersih CLEO naik tipis 0,40% menjadi Rp 493,94 miliar. Realisasi tersebut terdiri atas penjualan segmen botol sebesar Rp 200,58 miliar, segmen bukan botol sebesar Rp 276,38 miliar, dan lain-lain sebesar Rp 16,97 miliar.


Adapun pertumbuhan mini pada sisi penjualan bersih, laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk alias laba bersih perusahaan ikut naik tipis 1,19% secara tahunan atau  year-on-year  (yoy) dari semula Rp 63,93 miliar di semester I 2019 menjadi Rp 64,70 miliar.

Check Also

Pembelian Suku Cadang Honda Motor Turun, Laba BOLT Anjlok 63 Persen

MarketNews.id PT Garuda Metalindo Tbk (BOLT), mengalami penurunan laba bersih sedalam 63,8 persen secara tahunan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *