Home / Corporate Action / Pemda Yang Minta Batuan Pemerintah Pusat Terus Bertambah

Pemda Yang Minta Batuan Pemerintah Pusat Terus Bertambah

Marketnews.id Saat ini baru tiga Pemerintah Daerah yang memanfaatkan bantuan dana dari Pemerintah Pusat untuk membantu pemulihan ekonomi nasional dampak dari pendemi Covid-19. Padahal, Pemerintah Pusat telah menyiapkan dana talangan buat Pemda guna membantu menggerakkan ekonomi nasional.

Jumlah daerah yang mengajukan pinjaman yang dialokasian melalui pemulihan ekonomi nasional (PEN) terus bertambah.

Setelah DKI Jakarta dan Jawa Barat, Provinsi Banten juga telah meminta pinjaman kepada pemerintah pusat senilai Rp4 triliun untuk tahun ini dan tahun depan.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Astera Primanto Bhakti mengatakan, pemerintah terus mendorong pemerintah daerah untuk menggunakan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah pusat tersebut.


“Ini bisa mengisi kebutuhan pemda yang mungkin belum memiliki kapastitas untuk merelisasikan program-program tersebut,” kata Prima, Jumat (7/8/2020).

Adapun dengan masuknya Banten, saat ini total ada tiga provinsi yang telah mendapatkan pinjaman dari PEN. Ketiga provinsi yang mencakup DKI Jakarta senilai Rp12,5 triliun, Jawa Barat Rp4 triliun dan Banten senilai Rp4 triliun.

Prima juga menambahkan, daerah lain yang segera menyusul tiga daerah ini adalah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur atau NTT. “Yang lain masih mempelajari,” jelasnya.


Penyaluran pinjaman ke daerah dilakukan melalui PT Sarana Multi Infrastruktur atau SMI. Persyaratan pengajuan pinjaman sendiri mencakup empat aspek.

Pertama, merupakan Daerah terdampak pandemi covid-19. Kedua, memiliki program atau kegiatan pemulihan ekonomi daerah yang mendukung Program PEN.

Ketiga, jumlah sisa pinjaman ditambah jumlah pinjaman yang akan ditarik tidak melebihi 75 persen dari jumlah penerimaan umum APBD tahun sebelumnya.

Keempat, memenuhi nilai rasio kemampuan keuangan daerah untuk mengembalikan pinjaman daerah paling sedikit sebesar 2,5 persen.

Check Also

Erick Thohir : Pembelian Dolar Dilakukan Secara Optimal, Terukur Dan Sesuai Kebutuhan

MarketNews.id Tingkat inflasi di US yang sulit turun salah satunya dipicu oleh kenaikan harga energy. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *