Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / Ace Hardware Tambah Gerai Di Saat Covid-19

Ace Hardware Tambah Gerai Di Saat Covid-19

Marketnews.id Bila selama pendemi Covid-19 banyak usaha mengatur ulang rencana bisnis, buat PT Ace Hardware Tbk justru tetap melakukan ekspansi usaha. Perusahaan yang berniaga perlengkapan rumah tangga ini memang memiliki kas yang solid dan praktis tidak memiliki hutang.

PT Ace Hardware Tbk. menambah satu gerai baru di Citra Raya, tangerang. Penambahan gerai tersebut membuat jumlah gerai yang dioperasikan perseroan mencapai 206.

Sekretaris Perusahaan Ace Hardware Helen Tanzil mengatakan, gerai yang dibuka di Citra Raya merupakan gerai kesebelas yang dibuka perseroan tahun ini. “Luas gerai di Tangerang mencapai 2.250 meter persegi,” ujarnya dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Jumat (17/7/2020).

Hingga kuartal I/2020, emiten bersandi saham ACES itu mencatat kinerja cukup cemerlang.  Penjualan bersih dan laba bersih perseroan yang bertumbuh masing-masing 4,53 persen (year on year/yoy) menjadi Rp1,97 triliun dan 3,9 persen yoy menjadi Rp245,68 miliar.


Menurut Helen, kontributor penjualan berasal dari gerai baru maupun gerai yang sudah ada. Ace Hardware meyakini, kondisi perseroan yang nihil utang dan kas yang tebal hingga akhir periode membuat perseroan mampu bertahan di tengah pandemi.

Namun, perseroan memprediksi pencapaian tersebut kemungkinan tidak akan terulang pada triwulan kedua tahun ini akibat dari pembatasan gerai operasional berskala besar dan target ekspansi gerai yang kemungkinan tidak sesuai dengan awal pencanangan. 

Di sisi lain, saham ACES menjadi satu dari tiga saham yang menjadi pilihan dengan tingkat keyakinan tinggi atau high-conviction picks oleh J.P. Morgan untuk periode Juli 2020.


Menurut JP Morgan, ACES diperkirakan akan merealisasikan pemulihan berbentuk V dalam same store sales growth (SSSG) pada kuartal IV/2020.

J.P Morgan menyebut ACES akan mendapat keuntungan dari konsolidasi pangsa pasar toko-toko yang sedang berkembang. Selain itu, diperkirakan terjadi peningkatan keseluruhan pengeluaran perbaikan rumah pasca Covid-19.

“Kami juga menyukai bisnis ROE ACES yang tinggi karena perusahaan terus membayar dividen dan mendanai capital expenditure sepenuhnya oleh arus kas internal,” ujar Tim J.P. Morgan.

Check Also

Erick Thohir : Pembelian Dolar Dilakukan Secara Optimal, Terukur Dan Sesuai Kebutuhan

MarketNews.id Tingkat inflasi di US yang sulit turun salah satunya dipicu oleh kenaikan harga energy. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *