Home / Korporasi / BUMN / Bank BTN Selain Salurkan KPR, Juga Fokus Produk Bancassurance

Bank BTN Selain Salurkan KPR, Juga Fokus Produk Bancassurance

Marketnews.id Buat bisnis perbankan, pendemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri buat manajemen agar lebih inovatif untuk mengeluarkan atau memperkenal jasa baru buat nasabah yang sebagai besar terpapar Covid-19.

Kondisi pandemi virus corona (Covid-19), membuat industri perbankan jauh lebih selektif dan berhati-hati dalam menjalankan bisnis, termasuk dalam menyalurkan kredit.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Pahala Nugraha Mansury menyampaikan bisnis utama perseroan, yaitu penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR), mengalami penurunan yang signifikan karena dampak dari situasi pandemi saat ini.

Perseroan mencatat, realisasi KPR per Maret 2020 tercatat menurun 40 persen dari awal tahun atau secara year-to-date (ytd) dibandingkan dengan posisi yang sama tahun lalu. KPR subsidi masih menyumbang pertumbuhan positif, yaitu tumbuh sebesar 10 persen.


Alhasil, Bank BTN saat ini lebih jeli menangkap peluang bisnis yang masih bisa menyumbang profit. Hal ini dilakukan perseroan dengan melakukan analisis data sektor-sektor mana saja yang sangat terpengaruh pandemi dan yang masih berpeluang tumbuh positif.

Tak hanya itu, Pahala mengatakan, pihaknya juga melakukan diferensiasi segmen-segmen mana saja yang masih akan mengalami pertumbuhan, berdasarkan produk, letak geografis, dan jenis pekerjaan nasabah.

“Jadi, kami benar-benar membedah per sektor, pekerjaannya. Kami membedakan dan melihat segmen lebih tajam, bagaimana melihat customer yang lebih impacted atau yang tidak,” katanya, Selasa (2/6/2020).


Berdasarkan produk, Pahala menyebut KPR yang masih mampu diserap pasar saat ini adalah segmen menengah ke bawah dengan harga Rp500 juta ke bawah, termasuk segmen KPR subsidi.

Di samping itu, Bank BTN juga memacu pendapatan berbasis komisi (fee based income/FBI) melalui produk bancassurance.

Menurut Pahala, produk bancassurance unitlink misalnya, masih sangat diminati oleh masyarakat Indonesia dan ini bisa dijadikan peluang bagi Bank BTN.

Menurutnya, di tengah situasi ini juga dapat menjadi kesempatan bagi Bank BTN untuk membangun branding bahwa fokus bisnis perseroan tidak hanya menyalurkan KPR.

“Timing-nya saat ini adalah membangun branding Bank BTN, bahwa kami tidak hanya menyalurkan KPR, tantangannya di situ,” tutur Pahala.

Check Also

Pembelian Suku Cadang Honda Motor Turun, Laba BOLT Anjlok 63 Persen

MarketNews.id PT Garuda Metalindo Tbk (BOLT), mengalami penurunan laba bersih sedalam 63,8 persen secara tahunan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *