Home / Korporasi / Emiten / Survei BI: Optimisme Konsumen Masih Positif Walau Mengalami Penurunan

Survei BI: Optimisme Konsumen Masih Positif Walau Mengalami Penurunan

Marketnews.id Pelemahan perekonomian nasional sudah dapat diprediksi oleh banyak pihak. Bahkan hampir seluruh badan riset sepakat akan terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi. Dan ada beberapa negara yang mengalami pertumbuhan negatif alias minus.

Seperti diketahui, Survei Konsumen Bank Indonesia pada Maret 2020 menunjukkan optimisme konsumen masih terjaga pada level positif. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2020 yang tetap berada pada level optimis (di atas 100) yaitu sebesar 113,8, meski tidak sekuat optimisme bulan sebelumnya dengan IKK sebesar 117,7.


“Optimisme konsumen yang tertahan disebabkan oleh menurunnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi kondisi ekonomi ke depan. Menurunnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terutama dipengaruhi oleh ketersediaan lapangan kerja yang lebih terbatas,” tulis Bank Indonesia dalam laman resminya, Senin (6/4).


Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) pada Maret lalu sebesar 103,3, lebih rendah dari Februari 2020 sebesar 105,5. Sedangkan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tertahan akibat persepsi konsumen terhadap kondisi kegiatan usaha 6 bulan mendatang.

Situasi ini tidak sekuat persepsi konsumen pada bulan sebelumnya, seperti ditulis dalam laman.
Hasil survei mengindikasikan pengeluaran konsumsi untuk 3 bulan mendatang (Juni 2020) diprakirakan masih terjaga. Hal ini tercermin dari indeks prakiraan konsumsi rumah tangga 3 bulan mendatang sebesar 165,5, relatif stabil dibandingkan dengan capaian pada bulan sebelumnya.


Tetap terjaganya pengeluaran konsumsi tersebut terutama didorong oleh permintaan yang diprakirakan meningkat pada bulan puasa Ramadhan dan perayaan Hari Raya Idulfitri.

Check Also

Pertamina Patra Niaga Berhasil Penuhi Kebutuhan Avtur Selama Musim Haji 2024.

MarketNews.id- Pertamina Patra Niaga berhasil penuhi kebutuhan penerbangan haji di 13 bandara yang melayani penerbangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *