Home / Korporasi / BUMN / BRI Suntik BRI Ventura Investama Rp500 miliar

BRI Suntik BRI Ventura Investama Rp500 miliar

Marketnews.id Bisnis bank atau Lembaga pembiayaan memang padat modal. Jadi tidak heran kalau bisnis keuangan ini selalu perlu penambahan modal usaha guna mempertahankan rasio antara modal dan dana yang telah disalurkan sebagai kredit atau pembiayaan.

Manajemen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) memutuskan untuk menyuntikkan dana kepada PT BRI Ventura Investama ( BRIV entures) sebesar Rp500 miliar dalam upaya memperkuat permodalan anak usaha.
Dokumen keterbukaan informasi Bank BRI yang dilansir Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Jumat (3/1), peningkatannya penyertaan modal sebesar Rp500 miliar tersebut menyebabkan kepemilikan BBRI di BRIV entures menjadi sebesar 99,97 persen.


Dalam dokumen tersebut, Corporate Secretary BBRI, Hari Purnomo menyebutkan bahwa perseroan sudah mendapatkan izin dari komisaris terkait penambahan modal ke BRIV entures. Selain itu, BBRI juga sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Transaksi penambahan modal telah dilakukan pada 31 Desember 2019.
“Nilai transaksi tidak melebihi 20 persen ekuitas Bank BRI. Transaksi ini merupakan transaksi dengan pihak terafiliasi,” kata Hari. Dia mengungkapkan, transaksi itu bertujuan untuk memperkuat permodalan BRIV entures dalam upaya meningkatkan ekspansi bisnis.


Hari menyatakan, tambahan modal BBRI di BRIV entures tidak memiliki dampak terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan atau kelangsungan usaha Bank BRI. Dia mengaku, BBRI memberikan dukungan tidak hanya dari sisi permodalan dan kerja sama distribusi, melainkan juga pengembangan bisnis BRIV entures.

Check Also

Task Force Energy, Sustainability & Climate B 20 Gerak Cepat Sukseskan G20

Marketnews.id Dalam rangka memperkuat peran Indonesia sebagai Presidensi Group of Twenty (G20), The Business 20 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *