Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / Festival Kesehatan Astra 2023 : Sehat Untuk Hari Ini Dan Masa Depan Indonesia

Festival Kesehatan Astra 2023 : Sehat Untuk Hari Ini Dan Masa Depan Indonesia

MarketNews.id Memperingati Hari Kesehatan Nasional 2023 yang jatuh pada 12 November lalu serta sebagai wujud komitmen kontribusi sosial berkelanjutan pada bidang kesehatan, Astra kembali menyelenggarakan Festival Kesehatan Astra 2023 yang mengangkat tema ”Sehat untuk Hari ini dan Masa Depan Indonesia” di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat pada 17 Nopember 2023.

Festival kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakat dalam rangka pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) melalui Gerakan Aksi Kesehatan, Deteksi Dini, dan Aktivitas Fisik sebagai salah satu bentuk dukungan dari program Kementerian Kesehatan RI.

Acara yang diselenggarakan di Taman Loang Baloq Mataram, Nusa Tenggara Barat ini dihadiri oleh Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan dr. Elveida Sariwati, M.Epid, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Mataram Lalu Martawang S.E, M.Si dan Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

“Kami percaya bahwa investasi terbaik dalam kehidupan adalah menjadi sehat. Melalui berbagai kegiatan ini, Astra berharap bahwa semangat untuk terus berkolaborasi dalam mendukung program kesehatan terus berkembang untuk mendukung Indonesia yang lebih sehat,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Berbagai aksi kesehatan turut melibatkan masyarakat, di antaranya Gerakan 10.000 Langkah Bersama Astra, Senam Aerobik, Poundfit, Lomba Basket antar SMA/SMK dan Lomba Palang Merah Remaja antar SMA/SMK.

Selain itu ada pula kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Ibu, Balita dan Remaja serta kegiatan donor darah yang berkolaborasi bersama Palang Merah Indonesia (PMI).

Dalam acara ini juga diluncurkan Program Integrasi Layanan Primer (ILP) di Puskemas Pembantu Bertais, yang melibatkan tujuh Posyandu di Kota Mataram.

Selain Mataram, Astra juga mengembangkan program sejenis di Denpasar Bali, Purwakarta Jawa Barat dan Sijunjung Sumatra Barat.

Latar Belakang Program Kesehatan

Sebagai perusahaan yang senantiasa berkomitmen untuk memberikan manfaat bagi Indonesia, Astra secara konsisten berkontribusi melalui program kontribusi sosial berkelanjutan yang berfokus pada empat pilar yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Kewirausahaan.

Sejalan dengan upaya mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Indonesia yang selaras dengan empat pilar kontribusi sosial, Astra sejak tahun 2011 menginisiasi Astra untuk Indonesia Sehat yang merupakan kontribusi sosial Astra dalam bidang kesehatan di seluruh Indonesia.

Program kesehatan Astra menyasar seluruh siklus hidup manusia mulai dari lahir hingga lansia. Adapun program utama dalam bidang kesehatan mencakup kegiatan Dukungan Program Integrasi Layanan Primer melalui Revitalisasi Puskesmas Pembantu (Ibu, Anak, Remaja dan Lansia), Program Intervensi Gizi serta Program Kesehatan Lingkungan Terintegrasi.

Hingga Oktober 2023, Grup Astra memiliki 3.246 posyandu binaan di seluruh Indonesia dengan 10.955 kader kesehatan serta 215 kader remaja yang tergabung dalam Aksi Solidaritas Remaja Kesehatan Astra (AORTA) aktif.

Astra juga membina 194 Kampung Berseri Astra dan 1.060 Desa Sejahtera Astra yang merupakan program pembinaan terintegrasi berbasis wilayah yang mencakup empat pilar kontribusi sosial Astra.

Pada Program Kesehatan Lingkungan Terintegrasi, Astra telah membina 22 pesantren di seluruh Indonesia dengan 3.800 santri penerima manfaat serta melakukan intervensi gizi di 35 Desa di 16 Kabupaten di Indonesia.

Semangat Astra dalam mengampanyekan pentingnya kesehatan bagi masyarakat untuk hari ini dan masa depan Indonesia sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia.

Check Also

Pembelian Suku Cadang Honda Motor Turun, Laba BOLT Anjlok 63 Persen

MarketNews.id PT Garuda Metalindo Tbk (BOLT), mengalami penurunan laba bersih sedalam 63,8 persen secara tahunan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *