Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / Saham META Naik 147 Persen, Mentok ARA. Ada Apa?

Saham META Naik 147 Persen, Mentok ARA. Ada Apa?

MarketNews.id Dalam rentang waktu sebulan terakhir, harga saham PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) telah meningkat hingga 147 persen. Puncak peningkatan terjadi hari ini, 2 Oktober 2023 harga META mencapai Rp280 alami peningkatan 25 persen mencapai batas atas.

Saham PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) membentur batas auto reject atas (ARA) pada perdagangan 2 Oktober 2023. Di sesi II, dipantau hingga pukul 14.20WIB, saham ini ada di Rp 280 atau melesat 25 persen mentok ARA.

Dalam satu bulan terakhir, META terbang 147,79 persen.
Bursa Efek Indonesia (BEI) sendiri telah meminta penjelasan terkait volatilitas transaksi saham PT Nusantara Infrastructure Tbk.

Hal itu terungkap dari keterbukaan informasi META dalam menjawab permintaan penjelasan tersebut.
BEI juga sempat menerbitkan pengumuman unusual market activity (UMA) atas saham META yang dipublikasikan pada 29 September 2023.

Sementara itu, salah satu permintaan penjelasan BEI adalah, apakah META mengetahui adanya informasi atau fakta material yang dapat mempengaruhi nilai efek perusahaan atau keputusan investasi pemodal sebagaimana diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 31/POJK.04/2015 tentang Keterbukaan Informasi Atau Fakta Material Oleh Emiten Atau Perusahaan Publik.

Sekretaris Perusahaan Nusantara Infrastructure, Dahlia Evawani memberikan penjelasan. Dia menyatakan, perseroan mengetahui adanya informasi atau fakta material yang dapat mempengaruhi nilai efek perusahaan atau keputusan investasi pemodal sebagaimana diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 31/POJK.04/2015 ( POJK 31/2015) tentang Keterbukaan Informasi atau Fakta Material oleh Emiten atau Perusahaan Publik.

“Keterbukaan Informasi atau fakta material telah perseroan sampaikan kepada publik sesuai dengan POJK 31/2015,” ungkap Dahlia dalam keterbukaan informasi dikutip Senin 2 Oktober 2023.

Selain itu, BEI menanyakan apakah perseroan memiliki rencana untuk melakukan tindakan korporasi dalam waktu dekat, termasuk rencana korporasi yang akan berakibat terhadap pencatatan saham perseroan di bursa (paling tidak dalam 3 bulan mendatang).

Menurut Dahlia, perseroan belum dapat menyampaikan kepada publik dikarenakan penyelesaian transaksi untuk informasi material tersebut masih tunduk pada penyelesaian persyaratan pendahuluan dan segera akan perseroan sampaikan setelah tersedianya keseluruhan informasi dan persyaratan.

Sebelumnya diberitakan, META telah mengumumkan rencana penyelenggaraan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang dijadwalkan pada 30 Oktober 2023.

Check Also

Pertamina Patra Niaga Berhasil Penuhi Kebutuhan Avtur Selama Musim Haji 2024.

MarketNews.id- Pertamina Patra Niaga berhasil penuhi kebutuhan penerbangan haji di 13 bandara yang melayani penerbangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *