Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / BEI Rilis IDX New Listing Information, Permudah Investor Analisa Emiten Sebelum Investasi

BEI Rilis IDX New Listing Information, Permudah Investor Analisa Emiten Sebelum Investasi

MarketNews.id PT Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai penyelenggara perdagangan saham, terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan buat seluruh stakeholder Bursa.

Hari ini, Rabu 20 September 2023, BEI memperkenalkan publikasi statistik baru bernama IDX New Listing Informasi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan investor dan pelaku pasar lainnya terhadap data maupun informasi terkait pencatatan perdana emiten yang lebih lengkap dan mudah dipahami.

Menurut Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Irvan Susandy, publikasi ini merupakan kumpulan data dan informasi pencatatan perdana calon perusahaan tercatat di BEI yang meliputi profil perusahaan, informasi IPO dan pencatatan, data laporan keuangan dan informasi pemegang saham.

Irvan menegaskan, data tersebut dapat membantu para investor dalam menentukan keputusan investasi, analisis dan penelitian. Perlu diketahui, IDX New Listing Information dapat diakses melalui website BEI pada halaman Data – Pasar – Laporan Statistik – Informasi Pencatatan Perdana.

Irvan mengatakan, peluncuran publikasi ini juga merupakan upaya BEI dalam mendukung ketersediaan, transparansi dan akses yang lebih luas pada data pasar modal Indonesia.

Peluncuran IDX New Listing Information ini juga bertujuan agar data dan informasi yang disediakan terstandarisasi untuk mendukung integrasi sistem basis data, serta meningkatkan tampilan dan
penyajian data yang user friendly.

Adapun berbagai informasi yang terdapat dalam IDX New Listing Information, antara lain profil perusahaan, pencatatan saham perdana, tata kelola perusahaan, papan pencatatan dan klasifikasi industri, pencatatan waran, rencana penggunaan dana, lembaga profesi penunjang, data laporan keuangan, segmen usaha hingga informasi pemegang saham.

BEI juga menambahkan konten yang disajikan, agar dapat memenuhi kebutuhan investor, antara lain rasio oversubscription, jumlah pencatatan dalam setahun, anggota indeks ISSI , cost of fund, kategori rencana penggunaan dana IPO, ringkasan laporan keuangan, pemegang saham terbaru, kinerja keuangan dalam bentuk grafik, rasio keuangan, jumlah karyawan dan diagram komposisi pemegang saham.

“Peluncuran publikasi IDX New Listing Information menunjukkan komitmen BEI dalam menyediakan publikasi statistik pasar modal yang komprehensif bahkan sejak perusahaan akan tercatat di BEI. Kami juga akan berupaya agar data tersebut bisa tersedia pada aplikasi IDX Mobile ke depannya,” papar Irvan.

Apa yang sudah dilakukan oleh BEI lewat IDX New Listing, disambut baik oleh investor ritel di galeri perusahaan sekuritas. Harapannya, informasi terkini juga ikut ditambah agar informasi terus ter update.

Check Also

Pertamina Patra Niaga Berhasil Penuhi Kebutuhan Avtur Selama Musim Haji 2024.

MarketNews.id- Pertamina Patra Niaga berhasil penuhi kebutuhan penerbangan haji di 13 bandara yang melayani penerbangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *