Home / Korporasi / BUMN / Bank Mandiri Tbk (BMRI) Salurkan Kredit Secara Digital Buat UMKM Sebesar Rp 973 Miliar Di Agustus 2023

Bank Mandiri Tbk (BMRI) Salurkan Kredit Secara Digital Buat UMKM Sebesar Rp 973 Miliar Di Agustus 2023

MarketNews.id PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mulai kembangkan bisnis lewat jalur UMKM dengan menggandeng Fintech P2P Lending di tanah air. Langkah gandeng Fintech merupakan langkah strategis dan efektif guna menekan biaya cost yang tinggi bila dilakukan sendiri oleh BMRI.
Hasil, kolaborasi dengan Fintech ini telah terbukti efektif, dimana hingga akhir akhir Agustus 2023 lalu telah berhasil kucurkan kredit buat UMKM sebesar Rp 973 miliar dari 115.000 debitur.

SVP SME Banking Bank Mandiri Alexander Dippo mengatakan, keberhasilan ini terdorong dari kolaborasi berbagai perusahaan digital dan Fintech P2P Lending di Tanah Air.

Sampai dengan Agustus 2023, total penyaluran kredit Bank Mandiri melalui kerja sama dengan perusahaan digital dan Fintech P2P Lending telah mencapai Rp3,09 triliun kepada lebih dari 227.000 debitur.

“Ke depan, BMRI ini akan terus berinovasi dan mengembangkan layanan digital untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses pembiayaan. Bank Mandiri juga akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperkuat ekosistem UMKM digital di Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu 20 September 2023. 

Terbaru, Bank Mandiri bekerja sama dengan startup perikanan PT Rantai Pasok Teknologi (FishLog). Melalui kerja sama ini, Dippo mengatakan pihaknya berharap dapat memperluas akses pembiayaan sektor UMKM dan mengakselerasi inklusi keuangan dan ekosistem digital antar pelaku usaha. 

Menurutnya, kolaborasi dengan FishLog dapat memperluas pasar penyaluran kredit UMKM serta turut meningkatkan pertumbuhan kredit UMKM di Tanah Air khususnya pada sektor industri perikanan.

“Melalui kerja sama dengan FishLog, Bank Mandiri akan meningkatkan akses pembiayaan kepada para pelaku UMKM pada sektor industri perikanan baik yang bankable maupun belum reachable oleh perbankan konvensional dan memiliki skala usaha yang memadai yang merupakan Mitra dari FishLog,” ujar Dippo.

Adapun, pihaknya menargetkan dapat menyalurkan kredit melalui platform FishLog sebesar Rp50 miliar dan tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah seiring dengan berkembangnya kerja sama antara kedua perusahaan. 

Sementara itu, Direktur Utama FishLog Bayu Mukti Anggara memaparkan, pihaknya berharap kerja sama ini dapat melayani masyarakat lebih luas dan memberi manfaat kepada stakeholder.

“Kerja sama antara FishLog dan Bank Mandiri ini bisa membuka peluang dan akses di 45 titik operasi FishLog di Indonesia untuk mendapatkan layanan keuangan, sesuai dengan misi kami untuk membuat akses keuangan digital yang inklusif,” tutupnya. 

Sebagaimana diketahui, Bank Mandiri mempunyai 1,2 juta debitur UMKM. Bank Mandiri juga telah menyalurkan kredit UMKM sebesar Rp119,7 triliun pada semester I/2023 tumbuh 8,1 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Pencapaian tersebut juga diikuti dengan rasio kredit bermasalah (nonperforming loan/NPL) di segmen UMKM yang terjaga di level 1,5 persen.

Check Also

Pertamina Patra Niaga Berhasil Penuhi Kebutuhan Avtur Selama Musim Haji 2024.

MarketNews.id- Pertamina Patra Niaga berhasil penuhi kebutuhan penerbangan haji di 13 bandara yang melayani penerbangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *