Home / Korporasi / BUMN / Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Kini Terkoneksi Dengan SIPD Kemendagri RI

Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Kini Terkoneksi Dengan SIPD Kemendagri RI

MarketNews.id Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) selalu gesit melihat peluang yang berkaitan dengan masyarakat luas. Salah satu peluang yang dimanfaatkan oleh BBRI adalah program digitalisasi keuangan pemerintah daerah. Dimana program digitalisasi ini kini sudah terkoneksi dengan sistem digitalisasi yang dimiliki oleh BBRI.

Terkoneksinya sistim digitalisasi yang dimiliki kedua institusi ini akan mempermudah layanan pemerintah daerah yang menggunakan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) untuk menjalankan transaksi belanja daerah.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) kini resmi terkoneksi dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Kementerian Dalam Negeri.
Peluncuran kerja sama diselenggarakan di acara Rakornas Keuangan Daerah & APBD Awards 2023 yang diselenggarakan Kementerian dalam Negeri RI pada 16 Maret 2023 di Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta.

Launching secara simbolis dilakukan oleh Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo dan Direktur Institution & Wholesale Business BRI Agus Noorsanto.

Agus Noorsanto mengatakan, kerja sama ini menjadi bentuk kolaborasi untuk mendukung digitalisasi keuangan. Diharapkan, dapat memberikan kemudahan pengelolaan transaksi keuangan, khususnya bagi pemerintah daerah yang menggunakan SIPD untuk menjalankan transaksi belanja daerah.

“BRI mendukung penuh transformasi keuangan daerah, termasuk SIPD. Aplikasi ini merupakan terobosan Kemendagri untuk digitalisasi keuangan daerah,” kata Agus dalam keterangan tertulis, Rabu 22 Maret 2023.

Dengan terkoneksinya BRI dengan SIPD, maka pemerintah daerah yang RKUD -nya dikelola oleh BRI dapat diintegrasikan dengan SIPD. Adapun pemerintah daerah yang dapat diintegrasikan dengan SIPD adalah pemerintah daerah yang sudah menggunakan modul penatausahaan SIPD.

Ia optimistis, hal ini bermanfaat untuk pemerintah daerah karena dapat menikmati layanan digital dari BRI dan juga memenuhi regulasi Kemendagri. Di samping itu, untuk proses penggajian ASN, juga sudah dapat dilayani di SIPD.

SIPD sendiri merupakan aplikasi yang digunakan oleh pemerintah daerah untuk melakukan transaksi belanja daerah.
Terkait hal ini, BRI bekerja sama untuk membantu dalam layanan perbankan.

Sebagai informasi, berbagai layanan digital BRI yang dapat dimanfaatkan seperti CMS, Kartu Kredit Pemerintah Domestik, layanan BRImo & BRIguna digital dan lainnya.

“Ke depan, BRI akan terus meningkatkan kolaborasi dalam berbagai hal untuk kemajuan pemerintah daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutup Agus.

Check Also

Ini Mekanisme Terbaru Pemindahan Papan Pencatatan Di BEI

MarketNews.id Dalam rangka menyelenggarakan perdagangan efek yang teratur, wajar, dan efisien serta seiring dengan adanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *