Home / Korporasi / BUMN / Bank Mandiri Tbk (BMRI) Akan Terbitkan Green Bond Senilai Rp 5 Triliun Di Semester I 2023

Bank Mandiri Tbk (BMRI) Akan Terbitkan Green Bond Senilai Rp 5 Triliun Di Semester I 2023

MarketNews.id PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) memasuki tahun 2023 ini sudah menyiapkan langkah strategis guna menghadapi gejolak perekonomian global. Salah satu langkah yang bakal dilakukan adalah komitmen dengan ekonomi hijau dimana pada semester pertama tahun ini akan menerbitkan Green Bond senilai Rp 5 triliun.

Bank Mandiri Tbk (BMRI) terus berupaya dalam komitmennya untuk memperkuat kredit berkelanjutan atau Environmental, Social and Governance (ESG). Direktur Treasury & International Banking, Panji Irawan menyebut akan memperkuat likuiditas berbasis ESG.

Panji memaparkan, bahwa Bank Mandiri juga akan menerbitkan surat utang untuk mendukung kredit berkelanjutan. Pihaknya juga telah Menyusun rencana bisnis bank (RBB) untuk melakukan aksi korporasi tersebut.

“RBB nya sudah dibikin, bond-nya ungkin dalam rupiah untuk green bond. Jumlahnya gak banyak sekitar Rp5 triliun,” kata Panji, Selasa, 24 Januari 2023.

Hingga saat ini, portofolio kredit Bank Mandiri terkait ESG sekitar 24 persen dari total portofolio. Panji menyatakan masih menunggu izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengimplementasikan rencana ini.

Pada 2023, Ia mengatakan likuiditas Bank Mandiri masih baik ditopang oleh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan wholesale funding seperti surat utang atau bond, Negotiable Certificate of Deposit (NCD), dan repo to maturity.

Sementara itu, Loan to Deposit Ratio Bank Mandiri pada 2023 akan bergantung pada seberapa cepat kredit Bank Mandiri tersalurkan yang dipengaruhi oleh kemampuan calon peminjam.

“Jadi sangat tergantung, kalau bank mau kasih, tapi juga dari sisi demandnya ada atau tidak. Paling utama, refinancing yang jatuh tempo lalu rolling, jangan lupa ada bond yang jatuh tempo di korporasi,” pungkasnya.

Check Also

Pasar Modal Indonesia Donasikan Ambulan Dan Alat Kesehatan Buat Kabupaten Aceh Besar

MarketNews.id Self-Regulatory Organization (SRO) yang terdiri dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *