Home / Korporasi / BUMN / Bank Rakyat Indonesia TBk (BBRI) Terbitkan Dua Surat Utang (MTN) Senilai Rp5 Triliun

Bank Rakyat Indonesia TBk (BBRI) Terbitkan Dua Surat Utang (MTN) Senilai Rp5 Triliun

MarketNews.id Sampai dengan kuartal III/2022, Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) telah memperoleh laba bersih sebesar Rp39,31 triliun. Jumlah tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 106,14 persen year-on-year (yoy). 

Raihan laba bersih perseroan dicapai berkat neraca keuangan yang sehat. Tecermin dari aset yang dibukukan BRI mencapai Rp1.684,60 triliun atau naik 4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Seperti diketahui, penyaluran kredit dari emiten berkode saham BBRI ini ditargetkan mencapai 9–11 persen secara tahunan. Sementara itu, margin bunga bersih atau net interest margin (NIM) dipatok tumbuh 7,7 – 7,9 persen yoy. Selain itu, BBRI juga membidik cost of credit (CoC) berada di kisaran 2,7 persen hingga 2,9 persen.

Untuk mencapai target kredit yang akan disalurkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) menerbitkan surat utang jangka menengah (medium term note/MTN) senilai Rp5 triliun.

Berdasarkan pengumuman di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), penerbitan MTN BRI dilakukan tanpa penawaran umum.

EBUS [MTN Bank BRI tahun 2022] tunduk pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 30/POJK.04/2019 Tentang Penerbitan Efek Bersifat Utang Dan/Atau Sukuk Yang Dilakukan Tanpa Melalui Penawaran Umum.

Lebih lanjut, perseroan menerbitkan MTN ke dalam 2 seri. yakni MTN Bank BRI Tahun 2022 Seri A dan MTN Bank BRI Tahun 2022 Seri B.

Apabila dirinci, MTN Bank BRI Tahun 2022 Seri A diterbitkan dengan nominal jumlah pokok Rp2 triliun dengan suku bunga tetap sebesar 6,6 persen dalam jangka waktu 2 tahun.

Sementara MTN Bank BRI Tahun 2022 Seri B diterbitkan dalam jumlah pokok Rp3 triliun dengan bunga tetap sebesar 6,98 persen per tahun dalam jangka waktu 3 tahun.

Dengan demikian, MTN Bank BRI Tahun 2022 Seri A akan jatuh tempo pada 24 November 2024 dan MTN Bank BRI Tahun 2022 Seri B akan jatuh tempo pada 24 November 2025.

Adapun, pembayaran bunga pertama baik pada Seri A dan Seri B akan dilakukan pada 24 Februari 2023. Nantinya, kedua seri MTN Bank BRI efektif didistribusikan pada Kamis 24 November 2022 dengan PT BRI Danareksa Sekuritas dan PT BCA Sekuritas sebagai arranger.

Check Also

Pasar Modal Indonesia Donasikan Ambulan Dan Alat Kesehatan Buat Kabupaten Aceh Besar

MarketNews.id Self-Regulatory Organization (SRO) yang terdiri dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *