MarketNews.id Pimpinan baru Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus melakukan koordinasi dengan instansi ataupun lembaga negara lainnya guna mensinergikan langkah yang dilakukan OJK ke depan. Pertemuan sinkronisasi kali ini dilakukan dengan Menteri Komunikasi dan Informaatika (Menkominfo) Johnny G Plaate membahas evaluasi penanganan pinjaman online ilegal, penyelenggaraan sistim elektronik serta tata kelola data baik dalam yuridiski nasional maupun lintas negara.
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar dan Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Mirza Adityaswara mengadakan pertemuan dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate.
Pertemuan berlangsung di Jakarta pada Jumat 26 Agustus 2022 tersebut membahas beberapa hal di antaranya evaluasi penanganan pinjaman online (pinjol) ilegal, penyelenggaraan sistem elektronik, serta tata kelola data baik di dalam yurisdiksi nasional maupun cross-border.
Mahendra Siregar menjelaskan, bahwa dalam pertemuan itu, OJK menyampaikan beberapa hal terkait dengan kebutuhan dan kepentingan secara teknis serta governance dari aspek keuangan.
“Jadi kami harapkan dapat sinkronisasi dengan perspektif desain arsitektur yang disampaikan oleh Menteri Kominfo sehingga diharapkan kerja sama ke depan semakin sinergis dan saling memperkuat.” Kata Mahendra dalam keterangannya, Sabtu 28 Agustus 2022.
Mahendra menyampaikan, bahwa Menkominfo dalam pertemuan itu menjelaskan perkembangan terkini serta strategi nasional untuk memperkuat sistem telekomunikasi dan informasi, dalam menjaga kedaulatan sekaligus ketahanan menghadapi ancaman siber di Indonesia.
Sementara itu, Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan bahwa pada prinsipnya kerja sama antara OJK dan Kominfo, termasuk sistem di dalam ruang digital, telah berjalan dengan baik untuk semua aktivitas mikro prudensial keuangan dan perbankan.
“Ini merupakan pekerjaan lintas sektor, otoritas di sektor jasa keuangan, penegakan hukum oleh aparat penegak hukum, dan bagaimana perlindungan serta ketahanan dari serangan siber,” kata Johnny.
Dia menambahkan, OJK dan Kominfo akan terus berkoordinasi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memastikan perlindungan konsumen berjalan dengan baik.