Home / Korporasi / BUMN / PT Telkom Indonesia (TLKM) Abil Alih Telkom Sigma Senilai Rp2, 6 Triliun

PT Telkom Indonesia (TLKM) Abil Alih Telkom Sigma Senilai Rp2, 6 Triliun

Marketnews.id PT Telkom Indonesia (TLKM) terus lakukan inisiatif strategis dalam rangka penguatan dan transformasi Telkomsigma jadi B2B IT Digital Service Leader Company.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) melaporkan bahwa perseroan telah memutuskan pengambilalihan saham PT Sigma Cipta Caraka (TelkomSigma) senilai Rp2,6 triliun.


Berdasarkan keterbukaan informasi TLKM yang dipublikasikan Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Senin 9 Mei 2022 transaksi afiliasi sebesar Rp2,6 triliun tersebut dengan mekanisme penyetoran tunai oleh TLKM terkait pengambilalihan saham TelkomSigma.


Sifat hubungan afiliasi dalam transaksi ini adalah, TelkomSigma merupakan anak perusahaan PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra), dengan kepemilikan 100 persen sejak 14 April 2022.

Sedangkan, TelkomMetra merupakan anak perusahaan TLKM dengan kepemilikan 99,99 persen.
Setelah transaksi afiliasi ini, maka kepemilikan saham TelkomSigma menjadi 56,39 persen dimiliki oleh TLKM dan sebesar 43,61 persen dimiliki oleh TelkomMetra.

Transaksi afiliasi ini merupakan suatu transaksi antara Perusahaan Terbuka (TLKM) dengan perusahaan terkendali (TelkomSigma) yang seluruh sahamnya dimiliki secara tidak langsung oleh TLKM.


Menurut Direktur TLKM, Budi Setyawan Wijaya dalam keterangan resmi Telkom, transaksi antara TLKM dan TelkomSigma dilakukan pada 28 April 2022, dengan cara penyetoran uang tunai oleh Telkom. Transaksi dilakukan dalam rangka penguatan dan transformasi TelkomSigma.

“Hal ini merupakan salah satu inisiatif strategis untuk mengakselerasi TelkomSigma menjadi B2B IT Digital Service Leader Company”, ujar Budi Setyawan Wijaya.

Check Also

Pasar Modal Indonesia Donasikan Ambulan Dan Alat Kesehatan Buat Kabupaten Aceh Besar

MarketNews.id Self-Regulatory Organization (SRO) yang terdiri dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *