Home / Korporasi / BUMN / Distribusi Minyak Goreng dan Gula Optimalkan Fasilitas Tol Laut, Demi Ketersediaan Dan Stabilisasi Harga

Distribusi Minyak Goreng dan Gula Optimalkan Fasilitas Tol Laut, Demi Ketersediaan Dan Stabilisasi Harga

Marketnews.i Pemerintah lewat Badan Pangan Nasional dan BUMN Holding Pangan ID FOOD serta PT PN Grup memanfaatkan sinergis yang dimiliki masing-masing BUMN untuk diberdayakannya Tol laut guna distribusi minyak goreng curah dan gula dari Belawan ke Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT).

Badan Pangan Nasional bersama Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN melalui BUMN Holding Pangan ID FOOD dan PTPN Group mengirimkan pasokan gula dan minyak goreng curah untuk pertama kalinya menggunakan fasilitas tol laut dari Belawan ke Kupang, Nusa Tenggara Timur.


Kepala Badan Pangan Nasional/NFA (National Food Agency) Arief Prasetyo Adi mengatakan, langkah ini sebagai upaya ketersediaan pangan serta dalam rangka menekan biaya logistik pangan ke wilayah Indonesia Timur.


“Port to Port, Port to Door, Door to Door, jadi alur distribusi pangan melalui tol laut ini dari Pelabuhan ke Pelabuhan, setelah itu dari pelabuhan dikirim ke gudang, kemudian didistribusikan ke distributor dan disalurkan ke pedagang pasar,” terang Arief.


“Distribusi minyak goreng curah dan gula dengan optimalisasi fasilitas tol laut merupakan solusi untuk ketersediaan dan stabilisasi harga pangan khususnya di wilayah tertentu seperti Indonesia Timur yang umumnya masih terdapat kendala dalam logistik pangan disebabkan biaya atau ongkos logistik tinggi dan berdampak pada kenaikan harga pada produk ataupun komoditas pangan di wilayah tertentu,” kata Arief dalam keterangan tertulis, Jumat 29 April 2022.


“Dengan sinergi inilah, kita dapat merealisasikan kemudahan logistik pangan, apalagi komoditas minyak goreng dan gula saat ini menjadi perhatian pemerintah maupun masyarakat,” tambah Arief.


Tenaga Ahli Menteri Perhubungan, Andre Mulyana mengatakan sarana tol laut ini sangat efektif untuk distribusi pangan ke seluruh wilayah Indonesia, melalui fasilitas transportasi tol laut ini Kementerian Perhubungan turut mendukung keterjangkauan pangan ke daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan.


“Keberangkatan muatan minyak goreng dan gula dengan menggunakan kapal MV.Asia Pratama berangkat tanggal 28 April 2022 estimasi tiba di Kupang tanggal 10 Mei 2022,” urai Andre.


Mewakili Kementerian Perhubungan, Andre mengucapkan terima kasih kepada stakeholders pangan yang telah bersinergi kelancaran program tol laut yang diinisiasi Presiden Joko Widodo sejak tahun 2014, dan dikelola oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Khususnya hari ini bisa melakukan pengiriman distribusi pangan minyak goreng dan gula dari Belawan ke Kupang, NTT yang disupport oleh BUMN Pangan ID FOOD, PTPN , difasilitasi juga oleh Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan (KOP) Belawan, Andi Fiardy dan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan ( KSOP ) Belawan, Jhony R. Silalahi.


“Semua itu juga atas pengelolaan keseluruhan Tol laut oleh Plt. Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Capt. Mugen Sartoto beserta jajarannya, Ka Sub Dit 3 Capt. Bharto Ari Raharjo dan Capt. Rudi Sugiarto,” ucap Andre.


Sementara itu, Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) / Holding Pangan ID FOOD, Frans Marganda Tambunan mengatakan pengiriman perdana melalui akses tol laut ini ID FOOD kirim pasokan gula sebanyak 800 Ton dan minyak goreng curah sebanyak 300 Ton.


“Mekanisme pendistribusiannya, ID FOOD Group telah bekerja sama dengan distributor lokal di Kupang NTT, sehingga setelah muatan tiba di Kupang NTT, ID FOOD bersama mitra mendistribusikan ke Pedagang pasar, sebagian pendistribusian gula dan minyak goreng curah lainnya ID FOOD Group juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat maupun asosiasi pedagang pasar lokal yang akan menjual langsung ke konsumen,” ungkap Frans.


Frans melanjutkan, pendistribusian minyak goreng dan gula ke sejumlah wilayah di Kupang NTT ini juga turut berkolaborasi dengan BUMN sektor lainnya seperti PT Pos Indonesia untuk tracking pengiriman Container via Truk ke lokasi dispensing, dan juga PT Pelindo sebagai operator.

Check Also

BEI Siap Catatkan Dua Emiten Baru Di Awal Perdagangan Pasca Libur Lebaran 2024

MarketNews.id Awal perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa 16 April 2024 akan berbarengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *