Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) Bagikan Dividen Rp60 Dan Siapkan Buyback Saham

Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) Bagikan Dividen Rp60 Dan Siapkan Buyback Saham

Marketnews.id Produsen makanan ternak PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) tahun 2021 lalu kembali mencatat kinerja positif. Atas hasil kinerja di atas, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sepakat untuk membagikan dividen buat pemegang saham sebesar Rp 60 per saham. Sisa laba akan disimpan sebagai cadangan. Rapat juga menyetujui perseroan melakukan buyback saham maksimal sebesar Rp 350 miliar dari publik.

Para pemegang saham PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) menyetujui rencana perseroan untuk membagikan dividen tunai sebesar Rp60 per saham dan pelaksanaan program pembelian kembali ( buyback ) saham mencapai Rp350 miliar.

Persetujuan para pemegang saham atas kedua rencana aksi korporasi JPFA tersebut tertuang dalam risalah hasil RUPS Tahunan dan RUPS Luar Biasa Japfa Comfeed, Rabu, 6 April 2022, yang dikutip Kamis 7 April 2022.


Salah satu keputusan RUPS Tahunan menyetujui rencana pembagian dividen tunai Rp60 per saham, dengan sumber dana yang berasal dari laba bersih JPFA di 2021 sebesar Rp 2,02 triliun. Sebesar Rp20 miliar dari laba bersih itu akan disisihkan sebagai dana cadangan dan sisanya dicatat sebagai saldo laba ditahan.


Pada pelaksanaan RUPS Luar Biasa, para pemegang saham JPFA menyetujui rencana perseroan yang akan melakukan  buyback  saham sebanyak-banyaknya 1,5 persen dari jumlah seluruh saham yang telah dikeluarkan oleh perseroan.


Sebelumnya, manajemen JPFA telah menyampaikan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk melaksanakan aksi  buyback  saham, dengan kesiapan dana mencapai Rp350 miliar. “Direksi tidak akan melaksanakan  buyback , apabila hal tersebut, sedemikian rupa dapat menyebabkan likuiditas dan kondisi operasional perseroan akan terpengaruh secara material”.

Buyback saham lazimnya dilakukan oleh manajemen bila melihat atau menilai harga saham perseroan tidak sesuai dengan kinerja atau fundamental perusahaan. Biasanya saham hasil buyback akan disimpan atau diberikan sebagai hadiah buat karyawan perusahaan.

Check Also

Antisipasi Kebutuhan Idulfitri, Pertamina Tambah 7,36 Juta Tabung LPG 3 Kilo.

MarketNews.id Pertamina melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga, telah menambah pasokan LPG 3 kilogram …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *