Home / Korporasi / BUMN / Panji Irawan : Pertumbuhan Ekonomi 2022 Akan Capai 5,17 Persen Asal Omicron Terkendali

Panji Irawan : Pertumbuhan Ekonomi 2022 Akan Capai 5,17 Persen Asal Omicron Terkendali

Marketnews.id Baik Pemerintah maupun Sektor swasta sepakat perekonomian nasional di 2022 akan lebih baik dibanding tahun 2021 lalu. Para analis juga sepakat ekonomi akan tumbuh lebih dari lima persen tahun ini. Tapi, adanya varian baru Covid-19 Omicron jadi tantangan tersendiri atas pertumbuhan ekonomi.

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) optimistis terjadi peningkatan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2022. Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri Panji Irawan memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini bisa mencapai 5,17% yoy, atau lebih tinggi dari perkiraan pertumbuhan pada tahun 2021 yang sebesar 3,69% yoy.


Walaupun berpotensi meningkat, Panji mengingatkan masih ada beberapa tantangan yang membayangi prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia.


“Tantangan utama adalah peningkatan penyebaran Omicron yang menjadi risiko pemulihan ekonomi Indonesia yang sedang berlangsung. Harus monitor perkembangan kasus tersebut,” kata Panji dalam Konferensi Pers Pre Event Mandiri Investment Forum 2022 secara virtual, Selasa, 25 Januari 2022.


Selain tantangan varian Omicron Covid-19, Panji juga melihat sejumlah tantangan lain seperti normalisasi kebijakan dan potensi kenaikan suku bunga global sebagai respon dari tingginya inflasi di beberapa negara.


Lonjakan inflasi merupakan akibat dari permasalahan rantai pasok dan peningkatan harga-harga komoditas. Untuk menghadapi tantangan tersebut, respon otoritas harus sigap.

Dalam hal ini, pemerintah bisa fokus dalam reformasi struktural, perekonomian berbasis lingkungan, mengembangkan sektor usaha adaptasi teknologi yang tak terkecuali di sektor keuangan.


“Maraknya digitalisasi juga memicu perkembangan ekosistem digital dan prospeknya ekonomi Indonesia,” tutup Panji.

Check Also

OJK Masih Telisik Transaksi GOTO Senilai Rp6 Triliun Pada Harga Puncak

MarketNews.id. Pengawas pasar modal tengah mencari informasi terkait motif pihak-pihak yang melakukan transaksi saham PT …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *