Home / Otoritas / Bank Indonesia / Survei Penilaian Integritas : PPATK Raih Posisi Tertinggi Dalam Integritas Antikorupsi 2021

Survei Penilaian Integritas : PPATK Raih Posisi Tertinggi Dalam Integritas Antikorupsi 2021

Marketnews.id Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mendapatkan nilai 90.9 atas penilaian Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2021 yang diumumkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Nilai capaian tersebut di atas rata-rata Skor Nasional sebesar 72.43.


SPI merupakan survei yang dilakukan terhadap institusi untuk memetakan dan memonitor risiko korupsi, dengan memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran risiko korupsi dan perbaikan sistem antikorupsi.


Dalam penilaian SPI Tahun 2021, terdapat 4 indeks penilaian yang dilakukan yaitu internal, eksternal, eksper, dan faktor koreksi. Selain itu ada 7 dimensi yang ikut dalam penilaian yaitu Pengolaan Pengadaan Barang dan Jasa, Integritas Dalam Pelaksanaan Tugas, Pengelolaan Anggaran, Transparansi, Perdagangan Pengaruh (Trade in Influence), Pengelolaan Sumber Daya Manusia dan Sosialisasi Antikorupsi.


Menurut Inspektur PPATK, Supriadi pencapaian ini merupakan hasil dari kerja sama dan peran aktif dari seluruh pegawai PPATK. Supriadi mengakui, capaian nilai tersebut bukan akhir dari tugas PPATK dalam menerapkan kesadaran antikorupsi.

Perbaikan dan peningkatan kesadaran resiko antikorupsi terus perlu dilakukan oleh PPATK. “PPATK akan terus meningkatkan perbaikan sistem antikorupsi dan kesadaran resiko korupsi di lingkungan PPATK” Ujar Supriadi.


Guru Besar Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. Ningrum Natasya, SH. M.Li memberikan apresiasi atas capaian yang diraih oleh PPATK “Selamat kepada PPATK atas capaian nilai 90.9 atas penilaian SPI dari KPK, semoga dengan capaian tersebut dapat terus konsisten dalam mengawal pencegahan dan pemberantasan korupsi dan pencucian uang di Indonesia” Ujar Ningrum Natasya.


Check Also

Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) Raih Kenaikan Laba Bersih Di 2021 Jadi Rp 3,03 Triliun

Marketnews.is Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) catat debut pertamanya setelah merger dengan bank syariah milik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *