Home / Otoritas / Bank Indonesia / Forum Presidensi G20 Diharapkan Jadi Ajang Kadin Pacu Investasi Masuk RI

Forum Presidensi G20 Diharapkan Jadi Ajang Kadin Pacu Investasi Masuk RI

Marketnews.id Kadin Indonesia sebagai organisasi tuan rumah Business20 (B20), diharapkan dapat mendukung kerjasama lintas batas dan mengupayakan langkah inovatif. Kadin juga diharapkan ikut mendorong transformasi ekonomi dan jadi pelopor peningkatan investasi dan pertumbuhan ekonomi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) memanfaatkan momentum Presidensi G20 oleh Indonesia dan menjadi pelopor peningkatan investasi.

Airlangga menyampaikan, Kadin memiliki peran besar dalam perekonomian nasional. Untuk itu, Kadin Indonesia diharapkan dapat terus melanjutkan dan memperkuat perannya, termasuk dalam menyukseskan Presidensi G20 Indonesia pada 2022.

“Kadin Indonesia sebagai organisasi tuan rumah Business20 [B20] diharapkan dapat mendukung kerja sama lintas batas dan mengupayakan langkah inovatif. Kita berharap kegiatan ini bisa mendorong transformasi ekonomi, dan Kadin Indonesia jadi pelopor agar target peningkatan investasi dan pertumbuhan ekonomi bisa tercapai,” katanya seperti yang dikutip dari siaran resmi, Jumat, 3 Desember 2021.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sempat menyampaikan bahwa investasi menjadi motor penggerak dari pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal itu berlaku baik bagi investasi besar maupun UMKM. Airlangga dan Presiden Jokowi sama-sama menghadiri Rapat Pimpinan Nasional KADIN di Bali, Jumat, 3 Desember 2021.

Pada kesempatan yang sama, Airlangga menyampaikan bahwa realisasi investasi oleh para penerima fasilitas tax holiday hingga pertengahan tahun telah mencapai Rp385,8 triliun dari jumlah rencana investasi sebesar Rp716,6 triliun.

Airlangga mengatakan, lokasi investasi tersebar di 22 provinsi dengan enam kelompok industri mulai dari infrastruktur ekonomi, industri logam dasar hingga ekonomi digital.


Ia menjelaskan pemberian fasilitas bagi penanaman modal berupa tax holiday, ditujukan agar memberikan kemudahan berusaha bagi industri pionir.

Check Also

BI Teken Kerjasama Dengan Otoritas Moneter Singapura Untuk Tangkal Money Laundry Dan Inovasi Pembayaran

Marketnews.id Kerjasama antara Bank Sentral Indonesia (BI) dan Monetery Authority of Singapore (MAS) semakin intens …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *